sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Muhibah Menwa Bakal Berlayar Palembang-Kualatungkal

KOMUNITAS : Ketua Komunitas Sosial Alumni Menwa Indonesia Kabupaten Tanjabbar, Hidayat SH MH memberi keterangan. Photo : baim

KUALATUNGKAL- Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL)  Palembang bekerja sama dengan Alumni Menwa Kabupaten Tanjabbar akan melakukan pelayaran survey alur laut Palembang – Kualatungkal akhir Maret mendatang. Survey alur laut ini menggunakan kapal KRI TNI AL ARMABAR dengan nomor lambung 536.

Kapal dengan panjang sekitar 100 meter tersebut akan mendukung pelayaran Muhibah Maritim Alumni Resimen Mahasiswa dari Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan – Kualatungkal, Jambi. Sebelumnya akan dilakukan pelepasan di Kantor Gubernur Sumsel.

Ketua Komunitas Sosial Alumni Menwa Indonesia Kabupaten Tanjabbar, Hidayat SH MH, mengatakan KRI TNI AL Armabar ini digunakan untuk mendukung pelayaran muhibah maritim Palembang – Kuala Tungkal dengan kapasitas penumpang lebih banyak. “ Yang menjadi masalah, saat kedatangan kapal yang berukuran besar, masih terkendala lokasi bersandarnya kapal KRI di Kualatungkal, karena pelabuhan Marina Kualatungkal dengan panjang 60 meter belum memenuhi syarat, “ Ujar Hidayat.

Dikatakannya, perlu ditambah tambat kapal, karena waktu yang cukup singkat, pihaknya juga sudah koordinasi dengan komandan Kapten Laut Dishub, kalau bisa ditambah dengan tambat sederhana seperti beberapa batang kelapa.

Selain itu, pada tanggal 30 Maret nanti juga digelar Seminar Sehari Indonesia Poros Maritim Dunia yang digelar di gedung Serbaguna Pemkab Tanjab Barat yang dihadirkan dari Kemenko Kemaritiman, TNI AL dan lainnya sebagai narasumber.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 1.000 pohon mangrove di Desa Pangkal Babu Tanjab Barat, yang persiapannya melibatkan DLH Kabupaten Tanjab Barat.

Untuk persiapan Penanaman 1.000 pohon, Kepala DLH Tanjabbar, Suparjo mengatakan telah menyiapkan sekitar 2.000 bibit Mangrove.

“Selain itu, karena akses kelokasi jalan setapak hanya bisa dilalui oleh sepeda motor, kita juga menyiapkan sekitar 300 sepeda motor untuk transportasi tamu dan lahan parkirnya,” jelas Suparjo.

Rapat yang dipimpin Asisten 1 Setda Tanjabbar, Hidayat SH MH, dihadiri Ketua IARMI Tanjab Barat, Jamal Darmawan Sie, beserta anggota IARMI, Kepala BKSDM Encep Jarkasi, dan para kepala OPD terkait. (So29)