GERBANG INFORMASI KITO

Merangin Dapat Kuota 280 Formasi CPNS dan PPPK

BANGKO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin pada tahun 2019 ini kembali akan menggelar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS). Penerimaan CPNS kali ini didominasi oleh formasi guru dan tenaga kesehatan.

Nasution, kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manuasia (BKPSDM) Kabupaten Merangin mengatakan, perekrutan CPNS di Merangin perlu dilakukan, mengingat angka pensiun yang cukup besar setiap tahunnya, sehingga terjadi kekurangan pegawai dengan jumlah yang cukup besar.

“Contohnya pada tahun 2018, angka pensiun PNS kita sebanyak 280 orang, kadang mencapai 300 orang. Intinya angka pensiunan kita diatas angka 200 per tahun,” ungkap Nasution, Selasa (2/7/2019).

Akibatnya, saat ini terjadi kekurangan pegawai di Kabupaten Merangin dengan jumlah yang  cukup banyak, dengan angka lebih dari seribu.

Mengatasi hal itu, dikatakan Nasution, di tahun 2019 ini akan ada perekrutan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), untuk formasinya didominasi Guru dan Tenaga Kesehatan.

“Kita sudah ada surat dari MenPAN. Untuk penerimaan CPNS dan PPPK, kita dapat jatah sebanyak 280 formasi, 30 persen CPNS, 70 persen PPPK,” terang Nasution.

Namun, hingga saat ini pihaknya belum menerima petunjuk dari KemenPAN terkait proses rekrutmen CPNS dan PPPK tersebut.

“PPPK ini satu paket dengan CPNS, namun ampai hari ini teknis rekrutmen belum ada. Kan ada permintaan, maka kita kirim sesuai dengan jumlah yang pensiun,” pungkasnya.(jenn)