sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Mengontrak di Singkut, Dua WNA Asal China Dijemput Imigrasi

WNA: Kedua WNA di yang dijemput imigrasi Jambi karena tidak memiliki dokumen yang sah saat berdimisili di Kecamatan Singkut. Foto Wahid

SAROLANGUN-Dua warga negara asing (WNA) asal China di limpahkan ke imigrasi Jambi dikarenakan tidak memiliki dokumen lengkap saat tinggal di Singkut II, kecamatan  Singkut.

Dua WNA China tersebut di periksa pihak Kecamatan Singkut dan Kesbangpol Kabupaten Sarolangun untuk di mintai keterangan dan kelengkapan dokumen.

Namun saat di periksa dua WNA tersebut nyatanya tidak lengkap, karena visa yang ia miliki hanya foto kopian.

Kepala Kesbangpol kabupaten Sarolangun, Hudri, melalui kasi PMA Nurjannah menyebutkan, dua WNA tersebut di laporkan oleh pemilik kontrakan .

“Dua WNA itu di interogasi oleh kasi di kecamatan, dia sudah satu bulan disana dan Visanya fotocopy an, dia dilaporkan oleh pemilik kontrakannya sendiri ke kecamatan,”katanya.

Interogasi berjalan cukup rumit, sebab harus mengunakan aplikasi voice translate di google oleh Tim kecamatan dan Kesbangpol.

“Mereka tidak bisa bahasa Indonesia dan Inggris,” katanya.

Dua laki-laki WNA china tersebut mengakui kepada kasi Camat singkut dan tim dari Kesbangpol, baru satu bulan di Sarolangun dan ngontrak di Singkut.

Saat di interogasi di rumah kontrakannya, WNA mengakui visa yang ia miliki hanya fotokopian saja.

Sedangkan yang asli, dalam proses perpanjangan di Jakarta oleh rekannya.

Perihal kedatangannya ke kabupaten Sarolangun, dua WNA China itu hendak berbisnis kayu, hal tersebut di katakanya melalui aplikasi translate.

Sebelumnya ia bersama bapaknya, namun terjadi perselisihan antara WNA ini dengan bapaknya dan memutuskan mengontrak.

Proses obrolan tentu sangat terbatas sebab terkendala bahasa. Akhirnya dua WNA tersebut di limpahkan ke imigrasi Jambi.

“Semalam udah lansung dijemput tim Imigrasi Jambi,”katanya.

Hal senada disampaikan Camat Singkut R A Fatimah, bahwa kedua warga asing asal china tersebut telah dibawa oleh tim Imigrasi Jambi, setelah mendapatkan laporan dari tim pengawasan orang asing (Timpora) Kabupaten Sarolangun.

Dikatakannya, kedatangan dua warga asing itu dalam rangka bisnis kayu namun mengalami vakum karena masa pandemi virus corona.

“Sudah dibawa oleh Imigrasi, ada dua orang WNA asal china, ketika kami tahu langsung lapor ke Kesbangpol kemudian diteruskan ke Imigrasi, dan malam tadi sudah langsung dibawa. Dalam rangka bisnis, suratnya ada dan domisilinya ada, dan baru pindah bae ke Singkut, jadi kami cepat tanggapi,”katanya.(se31)