sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Mendagri Buka Rakor Gubernur se-Sumatera

RAKOR: Gubernur Jambi Zumi Zola ketika mendampingi Mendagri saat membuka Rakor Gubernur Se Sumatera, kemarin. Foto Mar

JAMBI- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, secara resmi membuka Rapat Koordinasi (rakor) Gubernur se wilayah sumatera di Provinsi Jambi, bertempat Ballroom Swis bell hotel, Senin(9/10).

Pada Rakor tersebut, mengambil tema Peningkatan peran swasta dalam pembangunan regional sumatera dalam kerangka peningkatan kontribusi terhadap ekonomi nasional.

Selain Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, yang hadir tampak jyga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono, Perwakilan dari Kemententeri BUMN, Gubernur se Sumatera, Wakil Gubernur Jambi,walikota/bupati dalam provinsi Jambi, unsur forkopimda.

Rakor tersebut dibuka dan ditandai dengan pemukulan gong oleh mendagri.

Dalam sambutannya, Mendagri  mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan tercapai sinergisitas, kesepakatan mempercepat pembangunan di Sumatera.

“Pada forum hari ini yang menjadi wilayah Menteri PU setidaknya mempercepat infrastruktur di dalam negeri tercapai kesepakatan, sinergisitas dalam mempercepat pembangunan disini,” kata Mendagri, Senin (9/10).

Lanjutnya, konsentrasi pemerintah pusat selama kurun waktu 5 tahun ini yakni dibidang infrastruktur, ekonomi dan sosial, dalam hal ini akhir tahun depan ini pembangunan tersebut paling paling tidak tercapai 90 persen.

“Bapak Presiden memastikan dan harus dipastikan akhir tahun 2018 capaian pembangunan infrastruktur ekonomi dan infrastruktur social paling tidak 90 persen selesai, mengapa harus selasai? karena secara politik Agustus tahun depan sudah tahapan Pemilu Presiden yakni masing-masing Parpol sudah mengajukan calon presiden dan wakil,”katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Zumi Zola berharap melalui forum ini percepatan pembangunan di wilayah sumatera dapat tercapai. Pasalnya potensi kekayaan alam di pulau Suamtera melimpah dan ini menjadi modal pembangunan.

“Mohon dukungan pemerintah pusat untuk percepatan wilayah Sumatera agar dapat mempercepat kontribusi wilayah Sumatera terhadap Nasional,”harap Zola.(mar)