sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Mencuat Pungli Berkedok SK

KUALA TUNGKAL- Pungutan Liar (Pungli) berkedok pengelolaan fee di kelurahan Rantau Badak Kecamatan Muara Papalik mencuat. Pungli ini mencuat setelah keluarnya Surat Keputusan  (SK) lurah  pengangkatan tim pengelolaan fee yang dipungut dari penjualan sawit milik petani yang ada di kelurahan tersebut.
Dalam SK nomor 2 yang ditanda tersebut dicatut sejumlah undang-undang agar SK tersebut tampak resmi.Padahal jelas dalam aturan undang-undang tidak ada yang mengatur tentang pengelolaan fee.

Informasi yang dihimpun, fee yang dipungut oleh pihak kelurahan yakni sebesar 10 rupiah dari setiap kilogram penjualan sawit milik petani yang ada di kelurahan rantau badak. Sementara pungutan ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun. SK terbaru ini untuk memperpanjang pungutan di tahun 2017.

Dalam SK yang ditandatangani oleh lurah ini, adapun tim pengelola fee ini diketuai oleh Darimi A.Ma, Hidayatullah sebagai sekretaris dan Zaini S.Ag sebagai bendahara. Zaini, diketahui mantan lurah Rantau Badak yang sebelumnya menjabat enam tahun. Sementara lurah saat ini dijabat oleh Junaidi yang dilantik tanggal 3 Januari lalu.

Dalam SK ini, pihak kelurahan juga mencatut nama bupati Tanjung Jabung Barat dalam tembusan surat melalui kabag pemdes.

Kabag pemdes, Agus Mamoen dikonfirmasi terkait surat ini, mengatakan tidak pernah menerima surat tersebut seperti yang tertera dalam tembusan. “Camat juga sudah ada bertanya kepada saya, tidak ada saya menerima surat itu,” ujarnya.

Sementara, Camat Muara Papalik, Ridwan dikonfirmasi mengatakan awalnya dirinya tidak mengetahui adanya SK pengelolaan fee ini. Karna disitu tidak dilampirkan diketahui oleh camat.

“Saya pun baru tahu setelah adanya laporan dari masyarakat,” ujarnya.

Setelah mengetahui ini, dirinya pun sudah menegur camat agar membatalkan SK tersebut. Namun di lapangan apakah dibatalkan atau tidak dirinya tidak mengetahuinya. ” Ini dikarnakan lurah sangat sulit berkordinasi dengan dengan pihak kecamatan,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, Junaidi Lurah Rantau Badak belum berhasil dikonfirmasi. (SO29)