sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Mantap…Kendaraan Dinas SKPD Tanjabtim Dipasangi GPS

kendaraan-utama
PASANG GPS: Tampak pemasangan GPS di kendaraan dinas. Poto:hen

MUARASABAK-Kendaraan dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), dipasangi GPS. Pemasangan GPS tersebut, sebagai bentuk upaya untuk peningkatan kedisplinan PNS.

Pemkab Tanjabtim, untuk tahun ini saja menargetkan 72 kendaraan dinas roda empat SKPD akan dipasangi GPS. Mulai dari Asisten, Kepala Dinas, Kabid dan Kasi.

“Untuk tahun ini tergetnya itu 72 kendaraan dinas yang dipasangi GPS, jadwal pemasanganya berlangsung selama 3 hari, mulai dari Selasa kemarin sampai dengan Kamis nanti. Untuk kategori kendaraan dinas yang dipasangi GPS, semua kendaraan kepala dinas, Kabid dan kasi,” kata salah seorang petugas Perhubungan ketika ditemui harian ini di lokasi pemasangan GPS kantor Dinas Perhubungan Tanjabtim, Rabu (30/11) kemarin.

Nantinya, kendaraan dinas yang sudah terpasang GPS tersebut, secara otomatis akan melacak pergerakan dari kendaraan. Sehingga, titik lokasi kendaraan akan terpantau dimonitor. “GPS ini berfungsi untuk memantau kecepatan kendaraan, melacak lokasi kendaraan dan bisa juga mematikan kendaraan dari jarak jauh, jika kendaraan tersebut dalam keadaan genting seperti dicuri,’’ ungkap Nur, teknisi dari perusahaan yang bergerak dibidang pemasangan GPS.

Nur menjelaskan, jika ada yang sengaja untuk menghilangkan jejak, agar pergerakan dari kendaraan yang sudah terpasang GPS tidak terbaca, kemungkinannya sangat kecil. Sebab, membutuhkan waktu lama.

“Higea sensitifnya sama kabel aki itu tinggi, jadi GPS tetap akan memberikan sinyal pemberitahuan ke monitor,’’ terangnya.(hen)