GERBANG INFORMASI KITO

Madrasah Raudatussibyan Lubuk Sayak Tetap Pertahankan Tradisi Imtihan

Kades Lubuk Sayak Subhan saat menguji salah satu anak didik dalam Imtihan Umum

SAROLANGUN-Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Raudatussibyan Desa Lubuk Sayak Kecamatan Pelawan, Minggu (21/4) menggelar acara penutupan tahun pelajaran tahun ajaran 2018/2019. Menariknya dalam acara penutupan tahun pelajaran tersebut diadakan Imtihan Umum yang diikuti anak didik di madrasah tersebut.

Imtihan Umum merupakan salah satu tradisi yang tetap dipertahankan di MDT Raudatussibyan. Tradisi ini biasanya dilakukan di akhir pelajaran atau saat menyambut bulan suci Ramadhan. Dalam Imtihan Umum satu persatu siswa dan siswi yang dipanggil maju membawa kitab kehadapan penguji dari tokoh agama dan tokoh masyarakat. Penguji memberikan soal dan dijawab oleh siswa. Tujuannya untuk melatih mental anak dan agar ilmunya bermanfaat dan barokah.

Dalam sambutannya Penjabat Kades Lubuk Sayak, Subhan menyebutkan, acara penutupan tahun pelajaran tersebut sekaligus dalam rangka syukuran usai panen padi sawah sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan.

Pemerintah Desa Lubuk Sayak menurutnya sangat mendukung program pendidikan di Madrasah Raudatussibyan. Sebab madrasah merupakan lembaga yang mendidik generasi islami.

“Kami dari pemerintah desa akan memberikan perhatian penuh untuk kemajuan madrasah ini, termasuk untuk kesejahreraan gurunya, ” katanya saat menyampaikan sambutan.

Kades juga berharap tradisi Imtihan Umum terus dipertahankan dan tahun-tahun mendatang diadakan lebih meriah lagi.

“Kami berharap segenap masyarakat dan perangkat desa mendukung kegiatan pendidikan di madrasah sebab pendidikan agama sangat penting untuk anak kita sebagai generasi penerus yang membela agama dan bangsa,” kata Kades Lubuk Sayak.

Dalam acara tersebut juga meghadirkan penceramah Ustad Hudri, MPd yang juga menjabat sebagai Camat Pelawan. Dalam ceramahnya Ustad Hudri memberikan motivasi kepada anak-anak agar giat belajar untuk menggapai cita-cita. Hadir juga perwakilan Yayasan KH Buya M Salek yang menaungi madrasah Raudatussibyan, H Yusar Efendi MPd dan ratusan wali murid dan warga Lubuk Sayak yang memenuhi Madrasah Raudatussibyan.(so9)