sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Lokasi Bintek Kades Koq Bali?

foto-utama-1
BELAJAR: Para kepala desa yang sudah tiba di Bali untuk mengikuti bintek. Foto istimewa

SAROLANGUN-Sejumlah Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Sarolangun diberangkatkan untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) mengenai keuangan desa dan Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM) selama empat hari, mulai tanggal 14 hingga 18 November 2016.

Kepala BPMPD H  Ahmad Zaidan, kemarin (14/11) saat dikonfirmasi harian ini, ia menyebutkan, keberangkatan Kades murni untuk mengikuti Bintek Kades yang sudah direncanakan tahun 2016 ini.

“Ya, hari ini (kemarin, red) berangkat ke Bali, disana nanti selama empat hari, untuk bintek keuangan desa dan usaha kecil menengah,’’ katanya.

Dijelaskannya, sedikitnya ada 99 Kades dari 149 desa dalam kabupaten Sarolangun, yang ikut berangkat ke Bali, dengan menggunakan Anggaran Dana Desa, sebesar 7 juta rupiah tiap Kades.

“Bagi yang tidak berangkat, bisa menggunakan anggaran tersebut untuk Bintek kades di desa atau perangkat desa, sesuai dengan aturan yang berlaku, namun yang berangkat tetap menggunakan dana sebesar itu, untuk biaya keseluruhan selama di Bali,’’ jelasnya.

Ia juga menjelaskan, di Bali nantinya para Kades akan mendapatkan pelatihan selama dua hari dari BPKP Pusat mengenai menejemen keuangan di desa, mengingat pemerintahan desa tahun ini banyak mengelola dana, sehingga di butuhkan kemampuan di bidang itu.

“Satu hari melihat usaha menengah di Bali, nanti kita berharap ilmu dan pengalaman yang didapat di sana bisa diterapkan di desa masing-masing,’’tandasnya.

Namun sejumlah pihak mempertanyakan kenapa pilihan lokasi Bintek ke Bali. Seharusnya ke provinsi yang memiliki acuan pengelolaan dana desa yang mendapat predikat terbaik.

‘’Seharusnya ke daerah yang bisa jadi acuan baik dari segi pengelolaan keuangan desa maupun pertanian, sehingga bisa diterapkan di desanya. Kesannya tidak bagus karena Bali daerah wisata,’’kata seorang tokoh pemuda Kabupaten Sarolangun yang enggan disebut namanya, kemarin.(mg1)