sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Libur Idul Adha, Sampah Menumpuk Dengan Bau Tak Sedap

berita-sampah-numpuk
NUMPUK: Tampak tumpukan sampah di salah satu tempat pembuangan sampah di Kota Sarolangun, kemarin. Foto hamzah

SAROLANGUN-Dua hari tidak diangkat petugas kebersihan, tumpukan sampah di setiap Tempat Pembuangan Sampah (TPS) mangkin tidak terbendung, bahkan sampah-sampah tersebut berserakan ke badan jalan.

Kondisi seperti itu membuat pengguna jalan mengeluh, sebab mengeluarkan bau tidak sedap.

”Biasanya setiap hari diangkat, namun dua hari ini belum diangkat-angkat,”ujar salah satu pedagang yang berada tidak jauh dari TPS pasar atas kemarin (12/9).

Diakuinya, dengan menimbulkan bau tidak sedap tersebut bisa berdampak pada barang dagangannya, sebab pembeli lebih memilih tempat yang dianggapnya bersih.

“Kita disini menjual barang makanan, mungkin mereka pikir banyak kimannya, atau tidak senang dengan bau sampah itu sendiri,”tambah pedagang tempe dan tahu tersebut.

Oleh karena itu, dirinya berharap pada petugas kebersihan untuk segera mengangkat tumpukan sampah yang ada di setiap TPS, karena jika dibiarkan akan berdampak lebih buruk lagi.

”Setiap hari saya dipinta uang, katanya untuk kebersihan, kok sampahnya masih menumpuk,”tandasnya.

Terpisah, Heri Antoni S Pd Kabid Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Distaksiman Kabupaten Sarolangun saat dihubungi harian ini kemarin tidak menampik kondisi itu. Sebab sejak dua hari ini petugasnya memang istirahat, karena ingin merayakan idul adha.

“Betul tidak ada pengangkatan sampah dua hari ini, karena mereka mau sholat, lagian besok pagi (hari ini red) siap kita angkat, dan kembali bersih,”tegasnya.(so10)