sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Lapangan Puskesmas Air Hitam Becek, Sekda Prihatin

BECEK: Tampak lapangan Puskesmas Air Hitam becek. Poto:wahid

SAROLANGUN – Sekda Sarolangun Drs H Thabroni Rozali, MM mengaku sangat prihatin dengan kondisi Puskesmas Air Hitam saat ini. Pasalnya pusat kesehatan di kecamatan tersebut banyak kekurangan.

Sesaat sebelum menghadiri Musrenbang Air Hitam, kemarin (07/03), Sekda Tabroni melakukan inspeksi mendadak (Sidak, red) ke Puskesmas teresebut. Lalu saat menyampaikan sambutan dalam Musrenbang itu, Sekda Thabroni Rozali mengatakan keprihatinannya. Ia menyebutkan agar Puskesmas tersebut dilakukan perbaikan, salah satunya perbaikan lapangan Puskesmas yang masih becek, agar masyarakat yang mau berobat merasa nyaman dan Puskesmas terlihat rapi dan bersih.

“Lapangan juga masih becek, ini perlu kita perbaiki, agar masyarakat kita yang mau berobat merasa nyaman,” katanya, di hadapan peserta Musrenbang dari 9 desa dalam Kecamatan Air Hitam.

Selain itu, dalam Sidak tersebut, Sekda juga menemukan kekurangan rumah bagi petugas medis yang mengabdi di sana. Untuk itu, rumah bagi petugas medis ini juga perlu diperhatikan. “Rumah tenaga medis juga masih kurang, saya lihat tadi,” sebutnya.

Di samping itu, ia juga menjelaskan, dari laporan yang didapatkannya, bahwa di Puskesmas tersebut terdata dua jenis penyakit yang paling banyak di tangani oleh pihak Puskesmas, yakni penyakit ISPA dan asam lambung.

“Ispa, paling banyak (Sesak napas), dan Asam lambung, saya himbau masyarakat untuk mengatur pola makanan, agar menjaga kebersihan dan gizi,’’ harapnya.

Selain sidak ke Puskesmas Air Hitam, sekda Thabroni Rozali juga mengunjungi SMPN 20 Sarolangun di Kecamatan Air Hitam, dari Sidak tersebut sekda juga menerima keluhan para guru dan siswa di sekolah tersebut.(so31)