sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

KPU Sarolangun Sosialisasi Pemilih Perempuan

SOSIALISASI: KPU Kabupaten Sarolangun menggelar sosialisasi pemilih perempuan. Tampak Komisioner KPU saat memberikan cindramata pada perwakilan pemilih perempuan,(15/10/2017). Poto:birin

SAROLANGUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sarolangun memenuhi undangan dari Aliansi Perempuan Merangin (APM) yang berkonsentrasi pada peningkatan peran serta perempuan dalam bidang sosial, politik dan ekonomi. KPU Kabupaten Sarolangun berikan sosialisasi tentang politik dan sistem Pemilu di Indonesia, yang berlangsung Minggu (15/10/2017) yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sarolangun.

Materi tersebut diisi oleh anggota KPU Sarolangun Divisi Pemutakhiran Data, Muhammad Fakhri yang pada kesempatan tersebut hadir bersama narasumber dari lembaga lain diantaranya Anggota DPRD Sarolangun dan Koalisi Perempuan Indonesia serta dari APM.

Fakhri Salah satu Komisioner KPU Sarolangun dalam kesempatan tersebut menjelaskan, pentingnya peran serta perempuan dalam proses politik dan demokrasi. Karena perempuan merupakan bagian dari masyarakat yang jumlahnya cukup signifikan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kesadaran politik bagi perempuan merupakan keniscayaan karena kesemua elemen di masyarakat tidak bisa lepas dari proses politik dan demokrasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Sesuai dengan dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 syarat pengurus tingkat pusat sudah mewajibkan Tiga Puluh Persen keterwakilan perempuan. Kemudian pencalonan di legislatif juga mewajibkan tiga puluh persen keterwakilan perempuan di semua tingkatan. Dari partisipasi pemilih pun sejak pemilu pertama tahun 1955 sampai dengan pemilu tahun 2014 partisipasi pemilih perempuan terus meningkat. Oleh karena itu ini kesempatan bagi perempuan untuk turut andil dalam pembangunan bangsa ini kedepan,’’ jelas Fakhri.

Kegiatan tanpak berjalan baik dan antusias hingga berakhirnya dengan pembagian kenang-kenangan berupa sertifikat Narasumber.(so30)