sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

KPK Segera Luncurkan Sistem Pencegahan Korupsi Terbaru

ketua kpkJAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan, KPK dalam waktu dekat akan meluncurkan sebuah sistem layanan publik baru.

Sistem untuk pencegahan korupsi itu nantinya akan dijalankan oleh kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia.

“Insyallah mungkin di Desember akan ada grand launching mengenai sistem-sistem yang ditrigger oleh KPK,” kata Agus, Rabu (17/8).

Agus menjelaskan, ada sistem yang mengawasi layanan-layanan publik. Ada juga sistem yang diberi nama “Jaga Perizinanku”, “Jaga Sekolahku”, “Jaga Rumah Sakitku”, sampai “Jaga Dana Desaku”. Menurut Agus, sistem ini akan membuat semuanya lebih transparan. “Kan sektornya banyak sekali,” ujarnya.

Dia mencontohkan, sistem “Jaga Sekolahku” akan mudah digunakan. Dengan telepon seluler yang dimiliki, masyarakat bisa memberikan saran dan masukan kepada sekolah di mana anak-anak mereka berada.

“Juga masyarakat bisa memberi masukan di mana rumah sakit (Jaga Rumah Sakituku) yang dia memerlukan layanan di situ,” paparnya.

Agus menegaskan, pencegahan korupsi harus terus digalakkan. Tidak hanya dengan sekadar melakukan sosialisasi dan penyadaran.

Namun, setelah melakukan sosialisasi dan penyadaran, perlu memberi alat supaya rakyat bisa melakukan kontrol jalannya layanan publik yang disediakan pemerintah. (boy/jpnn)