sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Ketua PWI Sayangkan Sikap KPUD Sarolangun Larang Pers  Meliput Debat Kandidat

SAROLANGUN- Ketua PWI Provinsi Jambi H.Mursyid Songsang, angkat bicara terkait dengan pelarangan media massa untuk melakukan peliputan pada saat Debat kandidat yang di laksanakan KPUD Sarolangun, beberapa hari lalu di gedung DPRD.

” Saya menyayangkan sikap dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sarolangun, selaku panitia penyelenggara Debat Kandidat, yang melarang para jurnalis untuk melakukan peliputan ” Ujar Pria alumni Lemhanas.

Baca juga :Debat Calon Bupati Dijaga Ketat, Tanpa Tanda Pengenal di Larang Masuk

Ditambahkan Mursyid, acara Debat kandidat tersebut seharusnya terbuka untuk siapa saja, apalagi para jurnalis yang ingin meliput,

” Debat kandidat itu harus di saksikan oleh seluruh masyarakat khususnya warga Sarolangun. Pasalnya, Pada saat debat kandidat tersebut, masarakat bisa menilai untuk menentukan pilihannya dalam mencari pemimpin yang Cerdas kedepannya.” Terangnya.

Jika kita mengacu kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Pasal 4 ayat (2) juga mengatakan ” Pers Nasional tidak dikenakan Penyensoran, pembredelan, atau Pelarangan Penyiaran.”

Maka dari itu Perbuatan tersebut sudah termasuk pelanggaran, Sebut ketua PWI Provinsi Jambi Dua periode tersebut.

Baca juga : Debat Calon Bupati Dominan Bahas Isu ketimbang Visi Misi

Sementara jika kita melihat dari kaca mata hukum, perbuatan KPUD sarolangun yang melakukan pelarangan terhadap jurnalis pada saat ingin meliput Debat Kandidat, Sudah termasuk perbuatan melawan hukum, pasalnya di dalam pasal 28 huruf F UUD 1945 menyebutkan,

“Setiap orang berhak memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”

Dengan demikian, kebebasan Pers mendapat jaminan yang kokoh dalam konsitusi

Dalam hal tersebut sejumlah wartawan yang merasa di halangi profesinya pada saat proses pelaksanaan debat kandidat, berencana akan melaporkan hal ini kepada aparat penegak hukum.(aji).