sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

KEREN..Ada Danau Biru di Sungai Buluh

 

Tampak Danau di Sungai Buluh yang muncul akibat bekas galian tambang Batubara. Photo : raden suhur

MUARABULIAN- Wilayah kabupaten Batanghari terdapat sebuah danau. Kren abis, danau tersebut berwarna biru toska. Dengan keberadaan danau tersebut, kini masyarakat Batanghari sudah bisa berwisata di Negeri sendiri. Potensi wisata alam berupa Danau Biru, yang terbentuk secara alami itu, yakni bekas galian tambang Batu Bara PT. Bubuhan Multi Sejahtera (BMS) yang beroperasi beberapa tahun silam.

Keberadaan Danau Biru ini bisa di akses sekitar 15 Km dengan waktu tempuh selama 20 Menit dari pusat kota Muarabulian. Lokasi Rt 03 di Desa Sungai Buluh Kecamatan Muarabulian Kabupaten Batanghari.

Giman, selaku mantan Humas PT.Bubuhan Mitra Sejahtera (BMS) saat ditemui di area eks lokasi pertambangan Batu Bara BMS saat itu mengakui, perusahaan tambang batu bara tempat ia bekerja sudah beberapa tahun ini tidak beroperasi lagi.

“Iya, sementara lokasi PT.BMS yang berkisar 100 Ha, hanya baru digarap sekitar 15 Ha. Saat ini berhenti beroperasi dikarenakan terkait kendala izin, kelengkapan Dokumen dan lain-lain,”ujar Giman kepada rekan media.

Ditambahkanya, Danau Biru ini terbentuk secara alami, akibat zat kimia yang terkandung didalamnya. “Bekas Galian tambang, dengan kedalaman sekitar 15 meter, mungkin terisi air hujan, maka terbentuk seperti Danau Bang. Kalau warna Biru Tosca itu, mungkin dari kandungan zat Kimia di bawah lapisan atau Dasar bawah Danau,”ungkap Giman.

Menanggapi adanya danau biru ini, Kabid Pariwisata Batanghari Hendra Dufa, saat dikonfirmasi via ponselnya mengaku belum mendapatkan informasi terkait keberadaan Danau Biru tersebut. Saat ditanyakan terkait anggaran dana untuk penunjang berkembangnya Pariwisata Alam di Batanghari, Hendra Dufa, SE mengaku tidak ada anggaran untuk dana pengembangan wisata alam.

“Terus terang kami belum mengetahui keberadaan potensi wisata tersebut, dan anggaran untuk hal itu tidak ada, kami memprioritaskan Wisata Kuliner dan Budaya,”kata Hendra Dufa saat dihubungi awak media via ponsel.

Beberapa waktu lalu, danau Biru sempat Booming, saat Instagram Resmi Pesona Jambi menggungah akan keberadaan Danau Biru tersebut. Hal ini mendapat respons positif dari masyarakat Batanghari.

“Iya, Bang pas kami nengok foto di Instagram Pesona Jambi yang dikirim @hendriisaputraa, kami langsung berkunjung kesana Bang, Alhamdulillah dak kalah indah dengan Tangkuban Perahu, namun perlu perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Batanghari dan Provinsi Jambi,”kata Andi warga Jambi.

Upik, salah seorang warga setempat saat dikonfirmasi terkait keberadaan danau biru ini mengatakan. Meskipun danau itu adalah danau buatan bekas tambang, namun pesona alamnya sangat menarik untuk dikunjungi. Selaku warga Batanghari dirinya berharap agar pemerintah segera mengembangkan pesona alam tersebut.

“Kami hanya berharap pemerintah bisa mengembangkan pesona alam danau biru ini. Jika sudah terkenal, semakin banyak pengunjung, otomatis kabupaten Batanghari akan berkembang dan terkenal,”kata Upik.(hur)