Kemah Jurnalistik di Bukit Tempurung

Suasana kemah jurnalistik yang diadakan IWO Sarolangun. Poto:wahid

SAROLANGUN – Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sarolangun terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi para anggotanya, bagaimana menampilkan berita yang baik, berimbang, menarik dan mudah dimengerti.

Sebab, salah satu kunci keberhasilan bagi para insan pers tentunya terlihat dari bagaimana menyajikan berita yang faktual, berimbang, dan mudah dimengerti oleh para pembacanya.

Jumat (26/04) malam kemarin, pengurus IWO Kabupaten Sarolangun melakukan itu untuk mewujudkan insan pers yang berkualitas dan profesional, dengan mengadakan kemah jurnalistik untuk pertama kalinya sejak berdiri pada tahun 2018 yang lalu.

Kemah Jurnalistik ini terbilang cukup menantang bagi para insan pers di Ssarolangun ini, sebab untuk menuju lokasi perkemahan harus menempuh waktu 4 jam dengan mengendarai kendaraan roda empat.

Tepatnya, di kawasan objek wisata Bukit Tempurung, Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, yang berada di ketinggian 1.012 Meter diatas permukaan laut.

Sedikitnya ada 17 awak media yang tergabung pada pengurus IWO, dua diantaranya merupakan pengurus IWO Provinsi Jambi selaku nara sumber dalam kemah jurnalistik ini, yakni Ketua IWO Jambi Nurul Fahmi, dan Sekretarisnya Erwin Najam.

Baca Juga: Bukit Tempurung Mulai Diserbu Wisatawan

Berangkat dari Sarolangun sekitar pukul 11. 00 WIB dengan menggunakan dua kendaraan roda empat (AVP Silver dan Escudo Hitam) dan tiga unit sepeda motor, dan tiba di desa lubuk bangkar Pukul 16.00 WIB. Kemudian setelah sampai di desa Lubuk Bangkar, rombongan kemudian bertolak ke Bukit Tempurung lokasi perkemahan dengan jarak 2 Kilo Meter meskipun saat itu sedang dalam kondisi hujan gerimis yang mengasyikkan.

Memang kondisi infrasturuktur jalan menuju objek wisata bukit Tempurung masih jadi kendala utama, sehingga pihak pemerintah desa dan BUMDes baru mampu membangun jalan setapak sepanjang 1.500 meter (1,5 KM), sehingga rombongan sebelum tiba ke perkemahan harus berjalan kaki menaiki bukit sekitar 15 menit.

Ketua IWO Sarolangun Husnil Aqili, Wakil Ketua IWO Warsun Arbain, Ketua Panitia Hadinata Damanik dan Dewan Etik IWO Rustam Aji beserta anggota tampak sangat menikmati perkemahan ini, apalagi dengan penyambutan Kepala Desa Lubuk Bangkar Radinal Mukhtar, beserta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda sungguh luar biasa.

Di lokasi kemah, para insan pers ini tampak begitu menikmati hawa dingin di tengah bukit yang saat ini sedang melejit, sebab berdasarkan keterangan BUMDes, sejak dibuka pada bulan Januari yang lalu sudah ada 4.000 orang lebih pengunjung ke Bukit Tempurung ini, ada yang datang dari kecamatan Batang Asai, Sarolangun, Provinsi Jambi, bahkan dari Bengkulu dan Sumatera Barat. Berita selengkapnya>>>