sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Kelurahan Pasar Sarolangun Berdayakan 7 Poskamling

Melalui dana kelurahan tahun anggaran 2019

Salah satu bentuk Poskamling Kelurahan Pasar Sarolangun

SAROLANGUN – Guna meningkatkan keamanan, kenyamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat, pemerintah kelurahan pasar sarolangun, Kecamatan Sarolangun memberdayakan sedikitnya 7 pos keamanan lingkungan (Poskamling) melalui dana kelurahan tahun anggaran 2019.

Lurah Pasar Sarolangun Junaidi, SS.M.Pd.I mengatakan bahwa berdasarkan petunjuk tekhnis penggunaan anggaran dana kelurahan tersebut, bahwa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemberdayaan poskamling yang sebelumnya tidak layak sehingga kegiatan vakum, menjadi poskamling yang indah, nyaman dan diaktifkan masyarakat melalui kerja sama antar RT dan Lingkungan di lingkungan kelurahan pasar sarolangun.

“Tahap awal kemarin kita menyelenggarakan pelatihan, kemudian penyelenggaraan poskamling, khususnya poskamling yang belum layak, jadi kita perbaharui,” katanya, Selasa (22/10/2019), usai penyerahan bantuan pengecatan serta peralatan poskamling di lingkungan kelurahan pasar.

Kata Lurah yang ramah ini, poskamling yang diperbaharui tersebut ada sebanyak tujuh lokasi, yakni di RT 01, RT 04, RT 07, RT 03, RT 02, RT 08, dan RT 09. Pihaknya memberikan bantuan, berupa seng, paku, penggecatan dan sebagainya untuk penyelenggaraan poskamling yang layak.

“Alhamdullillah yang diselenggarakan itu sudah di aktifkan oleh masyarakat setempat, sekarang sudah dicat dibantu peralatan sesuai rencana kegiatan,” katanya.

Bahkan, dengan pemberdayaan dan pengaktifan poskamling tersebut, salah satunya mendapatkan juara I lomba poskamling tingkat Kabupaten Sarolangun pada tahun 2019. Yakni poskamling yang ada di RT 09,Kelurahan Pasar Sarolangun.

“Kedepan dengan adanya poskamling tiap RT dan lingkungan bisa menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan di tengah masyarakat, menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kita juga berkoordinasi dengan kepolisian, melalui bhabinkamtibmas. Sudah ada bantuan peralatan keamanan seperti pentongan, kekurangan yang lain nanti dibantu secara bertahap,” katanya.

Ia berharap agar masyarakat di kelurahan pasar sarolangun terus senantiasa mengaktifkan poskamling ini, sehingga tingkat kriminalitas di malam hari khususnya di wilayah kelurahan pasar sarolangun dapat dihindari.

“Dengan adanya poskamling yang kita bantu ini mudah-mudahan bisa terus diaktifkan, dan jangan menganggap remeh terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan ini karena ini untuk pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kelurahan pasar sarolangun yang aman dan tertib, sehingga kedepan tidak terjadi hal-hal tindak kriminal ataupun hal lain, “katanya. (So31)