sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Kelurahan Dusun Sarolangun Bangun Drainase Sepanjang 275 Meter

bustra-desaman-se
Bustra Desman,SE, Lurah Dusun Sarolangun. Photo: Wahid

SAROLANGUN–Program dana Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) tahun 2016 ini, di setiap desa dan kelurahan sudah memasuki tahap penyelesaian akhir. Salah satunya di Kelurahan Dusun Sarolangun Kecamatan Sarolangun, tahun ini program tersebut dimanfaatkan untuk membangun drainase sepanjang 275 meter, guna mengatasi persoalan daerah rawan banjir yang menjadi keluhan masyarakat setempat.

Lurah Kelurahan Dusun, Bustra Desman, SE, kemarin (15/9) saat ditemui di ruang kerjanya, mengatakan, bahwa pembangunan drainase tersebut saat ini sudah mencapai 80 persen, dan diprediksi akhir bulan ini akan rampung seratus persen.

“Tahun lalu kita membangun jalan setapak, untuk jalan usaha tani dan lingkungan. Tahun ini kita coba bangun drainase, panjangnya 275 meter, dan sudah sampai 80 persen,’’ katanya.

Ia juga menjelaskan, pembangunan drainase tersebut merupakan salah satu titik yang rawan akan banjir dan belum pernah tersentuh pembangunan dari pemerintah daerah. Dan setelah pembangunan drainase, diyakini akan berdampak urgen bagi masyarakat.

“Limbah di tengah masyarakat, lingkungan harus kita benahi, salah satunya dengan membuat drainase ini, agar tidak terjadi lagi penyumbatan air saat hujan lebat,” jelasnya.

Masih kata Lurah, sebelum pembangunan drainase, dirinya juga sudah sering terjun ke lapangan, saat meninjau lokasi banjir. Jadi dirinya berharap banjir tidak terjadi lagi saat musim penghujan, kemudian juga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

‘’Kita berharap agar memang program ini terus berkelanjutan, karena program P2DK ini meski skalnya kecil tapi sangat dirasakan masyarakat manfaatnya, dan masyarakat juga sangat merespon,’’ tandas Lurah yang pernah diundang ke Istana Negara, ini.(mg1)