GERBANG INFORMASI KITO

Kelurahan Aur Gading Gelar Pelatihan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan

Camat Sarolangun dan Lurah Aur Gading

SAROLANGUN-Pemerintah Kelurahan Aur Gading Kecamatan Sarolangun menggelar Pelatihan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Tahun 2019. Pelatihan berlangsung selama tiga hari 29-31 Juli 2019 di Aula Hotel King Sarolangun mengangkat tema ‘Dengan Pelatihan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Tahun 2019 Kita Wujudkan Konsolidasi Penguatan Kapasitas SDM Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan yang Profesional’.

Pelatihan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Aura Gading Tahun 2019 dibuka Camat Sarolangun Huzairin, SPd didampingi Lurah Aur Aur Gading Zainal Muttaqin SST, Senin (29/7). Hadir juga Sekretaris Kelurahan Aur Gading Findra Utama dan panitia pelaksana dari Kantor Kelurahan Aur Gading.

Lurah Aur Aur Gading Zainal Muttaqin SST, menyebutkan peserta pelatihan terdiri dari Ketua LPM, Ketua Lingkungan, Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda yang ada di Kelurahan Aur Gading.

Sedangkan materi yang diberikan dalam pelatihan, antara lain peran dan fungsi camat dalam pembinaan lembaga kemasyarakatan kelurahan dengan pemateri Camat Sarolangun. Kemudian, Peran Lembaga Adat Kabupaten Sarolangun dalam pengembangan adat istiadat dalam menunjang penyelenggaraan pemerintah kelurahan dengan pemateri Pengurus Lembaga Adat, Herman.

Peserta yang mengikuti pelatihan

Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi Provinsi Jambi juga dihadirkan sebagai pemateri dengan judul materi Pemerintahan Adat Provinsi Jambi. Kemudian dari Bappeda Kabupaten Sarolangun dengan materi pelatihan peningkatan Peranserta Bappeda terhadap pembangunan kelurahan. Terkahir dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Kabupaten Sarolangun dengan materi pelatihan peran dan fungsi DPMD terhadap pembinaan lembaga kemasyarakatan kelurahan.

‘’Kita berharap dengan pelatihan ini, peran serta lembaga adat di tengah-tengah masyarakat lebih ditingkatkan lagi. Dan diharapkan lembaga adat dan semua elemen masyarakat bisa menjadi mitra pemerintah kelurahan untuk bersama-sama mengambil peranan dalam menggerakkan roda pembangunan dan pemerintahan di Kelurahan Aur Gading,’’ kata Zainal Muttaqin.

Sementara itu, Camat Sarolangun saat menyampaikan sambutan, berpesan kepada peserta yang ikut pelatihan untuk serius mengikuti setiap materi pelatihan serta aktif bertanya kepada pemateri. Sehingga ilmu dan pengalaman yang didapat didalam pelatihan bisa diterapkan ditengah-tengah masyarakat.

‘’Kita semua juga patut bersyukur, karena dengan bergulirnya dana kelurahan mulai tahun ini, maka kegiatan seperti ini bisa kita laksanakan,’’ pungkasnya.(so9)