sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Kejari Sarolangun Sesalkan Ada Kontraktor tak Profesional

Kejari Sarolangun Ikhwam Nul Hakim

Lain Direktur Lain yang Teken Kontrak

SAROLANGUN–Kejaksaan Negeri Sarolangun (Kejari) menyesalkan banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan bangunan selaku pihak ketiga (Rekanan) dari berbagai program pembangunan daerah yang tidak professional. Akibatnya banyak proyek pembangunan seperti pembangunan jembatan dan pengaspalan jalan ditemukan bermasalah, bahkan sudah ada yang sampai dalam persidangan di Pengadilan Tipikor.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sarolangun, Ikhwan Nul Hakim kepada koran ini kemarin (18/04) mengatakan, ketidak profesionalan perusahaan itu terlihat saat menandatangani kontrak kerja sama dalam proyek pembangunan, dimana adanya sistim peminjaman perusahaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Ya, inilah sering terjadi, banyaknya perusahaan yang tidak professional, dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dalam plaksanaan direkturnya si B tapi tanda tangannnya bukan si B, ini yang sering jadi perkara,’’katanya, usai menghadiri acara sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun.

Ia juga menjelaskannya, kejadian yang paling banyak terjadi hal seperti itu seperti proyek pembangunan jembatan dan pengaspalan jalan. Dimana pihak Kejari sudah menangani sejumlah kasus tersebut, bahkan sudah ada oknum yang dipenjarakan.

“Ada tiga kasus yang telah disidangkan, pembangunan jembatan dan pengaspalan jalan. Sudah disidangkan dan dalam penjara dan sudah inkrack malah,’’ lanjutnya.

Ia menambahkan, dari kasus-kasus tersebut, pihak kejaksaan menuntut oknum tersebut dengan hukuman penjara yang bervariasi, dimana dari hasil keputusan dalam sidang ada yang mendekam di penjara selama 1 tahun 6 bulan, ada yang sampai 4 tahun penjara.

“Hukuman penjara variasi dari 1 tahun 6 bulan sampai 4 tahun. Kita harap, hal seperti tidak terjadi lagi, kita akan lakukan pengawalan terus mengenai pembangunan di daerah kita ini,’’pungkasnya.(so31)