sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Kasus Pencabulan di Tanjabtim Meningkat

kasus pecabulanMUARASABAK – Tahun lalu, Polres Tanjabtim hingga Oktober hanya memproses 12 kasus pencabulan. Namun di tahun ini telah terjadi peningkatan kasus pencabulan.

Hal ini dibenarkan Kapolres Tanjabtim, AKBP Bramono Purnomo Nugroho SIK melalui Kanit PPA, Bripka Juniar Simanjuntak, kemarin (4/9). “Tahun ini hingga akhir Oktober saja kami proses 14 kasus, padahal tahun lalu dibulan yang sama hanya sekitar 12 kasus,” jelasnya.

Dilanjutkan Juniar, dari 14 kasus pencabulan yang masuk dalam Undang-Undang Perlindungan Anak, tercatat sembilan kasus sudah naik ketahap persidangan, empat kasus selesai pengaduan, dan satu kasus tunggakan. “Maksud kasus tunggakan, kami masih mengumpulkan bukti-bukti baru untuk kemudian dilimpahkan kekejaksaan,” bebernya.

Dari 14 kasus pencabulan, lanjutnya, selama ini para tersangka dikenal dekat oleh korban, baik itu masih keluarga korban maupun tetangga yang telah dikenal dekat oleh keluarga korban. “Penyebab pencabulan variasi, mulai terpengaruh film porno dan memanfaatkan situasi karena keadaan rumah kosong,” terangnya.

Dia meminta kepada orang tua untuk lebih aktif menjaga tumbuh kembang anaknya. Jangan terlalu memberikan kepercayaan kepada orang yang baru dikenal, bahkan berani melepaskan anak seorang diri.

“Kami selama ini hanya melakukan penyidikan saja, setelah menerima laporan dari keluarga korban, untuk intens sosialisasi itu bukan kewenangan kami,” tandasnya. (Hen)