sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Kasi Damkar Positif Narkoba

TES URINE: Tampak BNN saat melakukan tes urine.poto:radensuhur

MUARABULIAN-BNN Kabupaten Batanghari 13 November 2017 melakukan tes urine mendadak di Dinas Damkar Batanghari. Berdasarkan hasil tes urine tersebut, satu orang terindikasi positif gunakan mentamin. Dari 109 anggota Damkar Batanghari, 25 orang dites urine.

Kepala BNN Batanghari Kompol M Zuhairi, saat konferensi pers (14/11/2017) membenarkan bahwa, satu anggota Damkar yang merupakan pegawai ASN terindikasi gunakan mentamin. Kasi Damkar yang terindikasi sudah dipanggil ke BNN Batanghari terkait hasil tes tersebut. “Benar, ada satu diantaranya terindikasi positif. Yang bersangkutan sudah kita panggil,”kata kepala BNN M Zuhairi.

Lebih jauh dikatakannya, jika hasil protap Assessment nantinya kuat dugaan pengguna rutin, maka yang bersangkutan akan direhab. Namun sebaliknya, jika hasil assessment tidak cukup berat, maka akan dirawat jalan. “Informasinya hanya pengguna, untuk pengedarnya hingga kini belum kita temukan,”ungkapnya.

Diakuinya, kasi Damkar yang terindikasi gunakan mentamin tersebut berinisial SA (51).

“Hari ini, hasil tes urine yang bersangkutan sudah dilayangkan suratnya ke BNN Provinsi, Bupati dan Kadis Damkar Batanghari. Kasi tersebut tidak kami tahan, hanya kami panggil dimintai keterangan,”cetusnya.

Huzairi menyebutkan, saat dilakukan tes urine, ada 5 anggota Damkar Batanghari saat itu belum dilakukan tes. Sebab, pihak Damkar beralasan mereka sedang tugas luar. “Dari 5 orang yang belum dites tersebut, ada ASN dan pegawai honorer,”tandasnya.

Kepala BNN mengatakan, tes urine mendadak akan terus dilakukan. Hal ini merupakan keterbukaan publik yang harus dilakukan. Berdasarkan informasi warga, Damkar Batanghari anggotanya banyak mengunakan narkoba.

“Makanya kami sidak Damkar, dan hasilnya ternyata memang ada yang terindikasi,”tutupnya.(hur)