sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Karnaval di Pelawan Berlangsung Semarak

SAROLANGUN-Pawai Pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 di Kecamatan Pelawan berlangsung semarak, digelar Rabu (16/8/2017). Meski diwarnai cuaca gerimis, ribuan peserta pawai yang berasal dari seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Pelawan tetap semangat mengikuti acara yang digelar tiap tahun itu.

Pantauan sarolangunonline.com, sejak pagi peserta pawai sudah memadati lapangan sepakbola Desa Pelawan. Sekitar pukul 08.30 WIB, peserta pawai dilepas Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun asal Kecamatan Pelawan H Muhammad Syafi’i didampingi Camat Pelawan Drs Syamsurijal dan Kepala UPTD Dikbud Iskandar, SPd.

Rute yang dilalui ribuan peserta pawai, start dari lapangan sepakbola Desa Pelawan, kemudian mengelilingi Desa Pelawan hingga ke Desa Pasar Pelawan dan peserta pawai kembali finish di lapangan sepakbola desa Pelawan.

Masyarakat Kecamatan Pelawan sangat antusias menyaksikan pawai yang berlangsung dari pagi hingga siang tersebut. Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang jalan yang menjadi rute yang dilalui peserta pawai. Di panggung kehormatan yang ditempati anggota DPRD H Muhammad Syafi’i, Camat Pelawan Drs Syamsurijal dan Kepala UPTD Dikbud Iskandar, SPd, serta seluruh Kades di Kecamatan Pelawan, peserta memberikan penghormatan dan menampilkan berbagai atraksi.

Kepala UPTD Dikbud Kecamatan Pelawan Iskandar, SPd, didampingi salah seorang pengawas Khoiruddin, SPd, kepada sarolangunonline.com menyebutkan, Pawai Pembangunan diikuti seluruh sekolah di Kecamatan Pelawan, 44 TK/PAUD, 23 SD, 3 MI, 4 SMP, 8 MTs, 4 SMA, 2 SMK dan 1 MA.
‘’Selain sekolah juga diikuti sejumlah lapisan masyarakat,’’ kata Iskandar.

Sebelumnya kata Iskandar, pada Senin 14 Agustus telah dilaksanakan Lomba Gerak Jalan dan Selasa 15 Agustus digelar Lomba Drumband.
‘’Pemenang disetiap lomba nantinya akan kita berikan piala dan hadiah,’’ kata Iskandar.
Iskandar mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kepala Sekolah dan Pengawas di lingkungan UPTD Dikbud Pelawan termasuk pemerintah kecamatan dan para Kades yang telah berpartisipasi mensukseskan rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 72.
Iskandar menambahkan, berbagai acara yang digelar sangat ditunggu-tunggu masyarakat, sebab menjadi hiburan tersendiri.
‘’Terutama Karnaval (pawai, red) sangat penting sebab mampu membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat terutama pelajar dan sekaligus mengenang kembali perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan sebagai cambuk untuk mengisi kemerdekaan,’’ pungkasnya.(so9)