sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Kajati Sebut Kinerja Kejari Sarolangun Luar Biasa

AKRAB: Kajati Jambi dan Bupati Sarolangun terlihat akrab. Tampak poto bersama saat kunjungan di rumah dinas Bupati Sarolangun. Poto:wahid

SAROLANGUN-Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Jambi Andi Nurwinah, SH, MH, Rabu (01/11) kemarin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sarolangun, untuk pertama kalinya, semenjak dilantik tujuh bulan yang lalu.

Kedatangan petinggi kejaksaan ini disambut hangat Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra bersama Wakilnya H Hillalatil Badri, Kajari Sarolangun Ikhwan Nul Hakim, SH, beserta Kepala OPD dan jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Sarolangun, di Rumah Dinas Bupati, Ancol Sarolangun sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam keterangan persnya, Andi Nurwinah, SH, MH, mengatakan, kedatangannya hanya untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) kinerja Kejari Sarolangun. Agar penanganan tindak pidana, baik korupsi, umum atau khusus, perdata dan tata usaha negara, serta Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) berjalan dengan baik.

“Kedatangan kita ke sini (Sarolangun, red) hanya melakukan evaluasi dan monitoring kinerja Kejari Sarolangun, di akhir tahun 2017 ini baik itu soal penanganan Tipikor, tindak pidana umum, TP4D serta perdata dan tata usaha negara,” kata Kajati saat diwawancarai awak media.

Ia juga mengakui kinerja jajaran Kejari Sarolangun saat ini sangat luar biasa. Terutama dalam pengumpulan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dari penanganan denda tilang, biaya perkara, denda uang pengganti serta lelang barang rampasan negara. Bahkan soal penanganan tersebut Kejari Sarolangun, disebutkannya sebagai pilot projek atau percontohan Kejari dalam Provinsi Jambi, saat ini.

“Kejari Sarolangun ini jadi pilot projects soal pengumpulan PNBP itu, dan saat ini Sarolangun ini adem dan tidak ada gejolak, bersama pak kejarinya dan pak bupatinya, akhir tahun nanti kita akan ada reward bagi Kejari yang kinerjanya bagus berupa penghargaan serta piagam,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, sangat berterimakasih atas kunjungan Kajati ke Sarolangun. Menurutnya dengan kedatangan Kajati, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kerjasama pemerintah daerah dengan kejaksaan dalam membangun Kabupaten Sarolangun ke depannya.

“Terima kasih kepada kejaksaan, tadi kita menerima ibu Kajati kita sambut pakai adat kita, kemudian pertemuan bersama OPD, semoga kedepan secara bersama-sama melakukan pendampingan kepada kita untuk pembangunan Sarolangun, begitu juga TP4D, kejaksaan bukan hanya menindak tapi juga melakukan pencegahan sejak awal,” kata Cek Endra.

Bukan hanya itu saja, Bupati Cek Endra juga sangat mengapresiasi kinerja Kejari Sarolangun, dimana tahun ini sudah melakukan pengumpulan uang negara dari tagihan pembayaran yang menjadi temuan-temuan BPK.

“Kejari Sarolangun sangat kita apresiasi, penagihan kekurangan bayar dari temuan temuan BPK, atas bantuan kejaksaan sebanyak 6 milyar lebih sudah dikumpulkan, pada tahun ini,” pungkasnya.(so31)