sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jika Terbukti Terlibat Penambangan Minyak Izin PT APN Terancam Dicabut

cabut-utama
SUMUR MINYAK: Tampak salah satu sumur minyakilegal yang ada di kawasan PT APN. Poto:ist/sareks

SAROLANGUN-PT Anugrah Pola Nusantara (APN) dalam waktu dekat akan segera dipanggil oleh pihak Pemerintah Kabupaten Sarolangun. Pemanggilan ini, terkait dengan adanya illegal mining di areal perkebunan sawit milik perusahaan yang berada di Kecamatan Pauh tepatnya di Desa Lubuk Napal.

Pemkab merasa berang, karena di areal yang hanya memegang izin perkebunan ini ditemukan 24 sumur bor yang digunakan untuk menyuling minyak mentah.

“Izinnya kan izin perkebunan tetapi kok ada Illegal mining disitu, itu yang akan kita pertanyakan. Segera kita panggil perusahaan itu,” ujar Kadis Perkebunan dan Kehutanan, Ir Joko Susilo kemarin (7/9).

Nanti, kata Joko, tidak hanya pihaknya yang akan mempertanyakan PT APN, tetapi juga Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) yang dipimpin oleh Fauzi MT juga akan menghujani pertanyaan kepada perusahaan yang bergerak diperkebunan sawit itu.

“Tidak hanya saya, pihak BLHD  juga hadir, karena dampak sumur-sumur bor itu sangat berpengaruh kepada lingkungan,”ujar Joko.

 

Ditanya apabila ada indikasi pihak perusahaan yang ikut atau mensupport illegal mining tersebut, Joko menegaskan tidak segan-segan akan merekomendasikan untuk dicabut izinnya.

“Ya pasti kita tidak tegas, karena jika izinnya perkebunan ya perkebunan saja, jangan digunakan untuk yang lain, ya pasti saya akan lakukan (rekomendasi) cabut IUPnya,”tegas Joko.

Peru diketahui sebelumnya, di derah Kecamatan Pauh Desa Lubuk Napal, belakangan terakhir marak penambangan minyak mentah illegal. Para penambang yang berjumlah hingga ratusan orang, sengaja mengali sumur-sumur dengan cara mengebor dengan kedalaman 50-100 meter kemudian menyedot minyak mentah dari dalamnya untuk disulingkan menjadi minyak solar untuk dijual dipasaran. Tercatat ada 24 sumur minyak yang kini tengah beroperasi di wilayah tersebut dan satu sumur minyak tua peninggalan belanda.(so10)