sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jembatan Gantung Gurun Tuo Terancam Roboh

LONGSOR: Tampak longsor dekat pondasi jembatan gantung Gurun. Poto:hamzah

SAROLANGUN-Kehadiran jembatan gantung Desa Gurun Tuo Kecamatan Mandiangin sepertinya sangat dibutuhkan masyarakat, karena satu-satunya akses masyarakat Desa Gurun Tuo untuk menuju desa Gurun Tuo Simpang yang langsung berhubungan dengan jalan lintas Sarolangun-Muara Tembesi.

Namun demikian, saat ini jembatan tersebut terancam roboh, yang disebabkan tebing disekitar tiang jembatan terus dikikis air dan runtuh, sehingga sampai saat ini tinggal beberapa meter jarak tiang jembatan dengan pinggir sungai tembesi.

Hal ini disampaikan Kades Gurun Tuo Simpang Hisam Wan saat Musrenbang di Kantor Camat Mandiangin kemarin (22/2).

Dihadapan Penjabat Bupati Sarolangun Arief Munandar SE, Hisam menyampaikan jarak antara tiang jembatan dengan bibir sungai sekitar lima meter.

”Kalau ini dibiarkan dikhuatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,”ujar Hisam.

Dijelaskan Hisam, penyebab terjadinya longsor tersebut dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi, dan pasang surutnya air sungai tembesi beberapa saat ini.

“Ini sangat mendesak, mohon perhatian Pemkab,”harap Hisam.

Senada dengan Hisam, Bukhori Kades Gurun Tuo mengungkapkan hal yang sama, bahkan Bukhori mengingatkan, jika sempat terjadi musibah yang bisa mengancam akses masyarakat ke desanya, maka akan berdampak pada perekonomian masyarakat, salah satunya harga sembako akan lebih tinggi dari pada saat ini.

“Bayangkan sekarang saja harga gas LPG 3 Kg itu hampir tiga puluh ribu rupiah, bagai mana jika jembatan itu putus, tentu lebih mahal lagi,”jelasnya.(so10)