sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jembatan Buaya di Catu Rahayu Hampir Roboh

Photo jembatan (murasabak)
Tampak kondisi jembatan sesaat setelah mobil PS yang bermuatan sawit yang terperosok di jembatan dapat ditarik. Photo : hendri

MUARASABAK-Jembatan Buaya yang terletak di Desa Catu Rahayu, Kecamatan Dendang, kondisinya kian parah. Hal itu terlihat dari tiang besi jembatan yang diperuntukan sebagai penopang lantai jembatan, sudah bergeser dan ada yang patah.

Akibatnya jalan menjadi macet, puluhan kendaraan roda 4 maupun roda 2, Kamis (4/8) kemarin, antri sepanjang 400 meter. Salah seorang pengendara mobil tambang angkutan Dendang tujuan Jambi, Kassek mengatakan, terjadinya antrian panjang kendaraan dikarenakan ada mobil PS bermuatan sawit yang ban mobilnya terperosok dijembatan dan hampir tercebur kesungai.

“Macetnya sekitar jam 7.00 wib pagi tadi, ada mobil sawit yang hampir jatuh kesungai gara-gara plat besi lantai jembatan hampir amblas, “kata Kassek.

Dikatakan warga sekitar, kejadian ini sudah kesekian kalinya kendaraan hampir terjatuh ketika melewati jembatan tersebut. Hal itu disebabkan, selain dari usia jembatan yang sudah lama, ditambah lagi oleh angkutan mobil sawit yang melintas selalu melebihi tonase dari kapasitas kekuatan jembatan sehingga, dapat dipastikan jembatan tersebut tidak akan mampu untuk menahan beban yang ada.

“Kalau bisa angkutan yang melebihi tonase itu dapat ditertibkan, sebab dibangun pun jembatan baru tidak akan mampu bertahan lama, kalau beban yang ada selalu melebihi dari ketentuan jembatan, “ujar Diken.

Jalan kembali kondusif setelah pihak dari Polsek Dendang turun tangan, pantauan harian ini mobil PS yang terjebak dijembatan muatanya dibongkar dan dibantu tarik oleh mobil lain. (Hen)