sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jaringan Listrik Ke IPA Teluk Pengkah Tahap Pembangunan

Safrun : Tidak Lama Lagi Air Bersih Bisa Dinikmati Masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi Dan Sekitarnya.

KUALATUNGKAL- Akhirnya kebutuhan air bersih untuk masyarakat kabupaten tanjabbar perlahan mulai bisa teratasi. Untuk wilayah yang mencakup kecamatan diwilayah Ulu sudah terbangun semua Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPA) seperti dikecamatan tebing tinggi yang sudah dibangun mengunakan dana APBD kabupaten tanjabbar tahun 2017 lalu dalam waktu dekat ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sudah berlangsungnya pembangunan jaringan listrik tegangan menengah ke IPA Teluk pengkah, sedangkan kecamatan Merlung, Batang Asam, Tungkal Ulu, Muara Papalik sudah dibangun IPA atas usulan PU Kabupaten Tanjabbar ke satker air minum kementerian PU, yang terakhir kecamatan Renah Mendaluh akan dibangun IPA oleh satker tahun 2019 mendatang.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Tanjabbar, Safrun mengatakan, masalah air bersih yang menjadi PR besar untuk diselesaikan ini untuk wilayah ilir, tahun ini sudah teranggarkan maka itu akan menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan air bersih yang belum bisa dinikmati masyarakat khususnya kualatungkal. “ Kalau wilayah Ulu sudah bisa dikatakan terselesaikan semua baik itu mengunakan dana APBD maupun mengunakan dana APBN yang dibangun oleh satker air minum kementerian PU, yang jadi prioritas saat ini diselesaikan untuk pemenuhan kebutuhan untuk masyarakat ilir, “ Ujarnya kemarin.(19/03)

Diakuinya untuk IPA teluk pengkah ( Tebing Tinggi_red) belum diserahkan terimakan ke PDAM tirta pengabuan dikarena belum tersedianya jaringan listrik untuk pengelolahan IPA nya. “ Iya sudah kita usulkan ke PLN untuk pembangunan jaringan listrik tegangan menengah, Alhamdulilah sudah mulai dibangun dalam waktu dekat selesai dan langsung dioperasional kan pengunaan IPA untuk kebutuhan masyarakat soal air bersih ini, “ bebernya

Kata Safrun, untuk pengunaan saat ini mengunakan mesin genset tentunya cost nya jauh lebih besar dan subsidi untuk itu akan lebih besar, maka itu langsung diusulkan ke PLN pembangunan jaringan listriknya ke IPA teluk pengkah. “ Instalasi sambungan ke rumah warga sebanyak 500 dan saat ini sudah terpasang 100 rumah itu kan sesuai dengan permintaan masyrakay, “ tandasnya. (So29)