sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jangan Takut Berkunjung untuk Berobat RSUD Chatib Quzwain

SAROLANGUN – Imbas dari penyebaran virus corona yang sudah sampai di Provinsi Jambi, jumlah pasien di RSUD Chatib Quzwain Sarolangun mengalami penurunan. Diduga masyarakat takut untuk berobat di rumah sakit Pemda Sarolangun tersebut karena takut terpapar Covid-19.

Terkait hal ini, Direktur RSUD Chatib Quzwain dr Bambang Hermanto, Senin(6/4/20) menghimbau agar masyarakat jangan takut untuk berobat, karena pihak rumah sakit sudah menyiapkan segalanya dengan khusus dan dipastikan aman untuk pengunjung yang ingin berobat.

Bambang menduga ada ketakutan tersendiri di tengah masyarakat jika datang ke RSUD Chatib Quzwain. “Masyarakat mungkin takut mengunjungi rumah sakit umum  karena sejak ada yang dirawat pasien  suspect covid-19 dan diisolasi beberapa waktu lalu,” sebutnya.

Lanjut Bambang, penanganan covid-19 beberapa waktu lalu, unutuk pasien yang terindikasi corona tidak dicampuradukkan dengan pasien umum. “Sudah kita atur dengan semestinya untuk penanganan covid-19 ini. Artinya, kita sudah siapkan gedung dan tenaga medis yang khusus untuk penanganan covid-19 ini,” ujar dr Bambang.

“Mestinya masyarakat jangan takut untuk berobat kerumah sakit umun Chatib Quzwain Sarolangun,” katanya.

“Kita sudah menyiapkan juga untuk pengunjung yang baru datang akan kita cek terlebih dahulu kesehatannya atau screening kemana alur sakitnya yang ditentukan,” bebernya.

Jika  ada gejala suspect covid-19, kata Bambang, pihaknya akan menangani sesuai standar yang telah diterapkan. “Seperti orang dalam pemantauan (ODP), kita mengizinkan pulang kerumahnya, namun tetap kita pantau terus-menerus. Jika dalam pemantauan selama yang kita terapkan maksimal 14 hari tidak terjadi apa-apa, bearti dalam masa ODP-nya dinyatakan sembuh. Namun sebaliknya, jika ada mengalami gejala tersebut akan kita isolasi di ruang yang sudah siapkan untuk di rawat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP),” tuturnya.

Oleh karena itu, Bambang menghimbau kepada masyarakat agar jangan takut untuk berobat ke Rumah Sakit Umum RSUD Chatib Quzwain Sarolangun. “Kita sudah menyiapkan segalanya dengan khusus untuk pengunjung atau pasien rumah sakit umum RSUD Chatib Quzwain Sarolangun dan kita pastikan aman,” ujar dr Bambang.

Dia juga menghimbau agar masyarakat Kabupaten Sarolangun menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat dengan makan teratur,  selalu mencuci tangan dan menjadikan lingkungan selalu bersih, guna untuk memutuskan mata rantai penularan covid -19.(aji)