sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jangan Percaya Isu Tuyul

 Tampak salah satu tabungan yang berkurang yang diupload warga di media social. Poto:ist

SAROLANGUN-Akhir-akhir ini sejumlah wilayah mulai dihebohkan dengan maraknya isu mahluk halus alias tuyul yang mengambil uang tabungan masyarakat, hal itu juga terjadi di Kabupaten Sarolangun.

Bahkan dibeberapa sosial media juga sudah banyak yang memasukkan foto saat membuka tabungannya atau celengan, dan membenarkan tabungannya sudah berkurang.

Menyikapi hal tersebut tokoh agama Kabupaten Sarolangun mengingatkan masyarakat untuk tidak mempercayainya, sebab jika percaya dengan hal tersebut bisa merusak aqidah dan mengarah kepada syirik.

“Dalam agama tidak ada istilah tuyul, kalau jin, saitan atau iblis memang ada, hati-hati mempercayai tuyul bisa merusak keimanan,”ujar Drs H Ahmad Zaidan MM Ketua DPC NU Kabupaten Sarolangun kemarin.

Dijelaskannya, dalam fenomena tersebut masyarakat diminta untuk berbaik sangka, jika memang adanya kekurangan dalam jumlah tabungannya, bisa saja ada kesalahan dalam menghitung.

“Dan kalau sudah banyak tabungannya jangan lupa keluarkan zakatnya, atau bersedekah pada masyarakat miskin,”tambah Zaidan.

Senada dengan Zaidan, Ketua DPW Muhammadiyah Provinsi Jambi H Suhaimi juga mengungkapkan hal yang sama, dan pada prinsipnya dalam Islam tidak mengenal adanya tuyul, namun bisa saja itu bersal dari kelompok-kelompok iblis, jin atau saitan.

“Iblis, saitan atau jin itu memang ada, tetapi tidak bisa berkuasa dan merubah, jadi tetaplah semangat menabung dan berbaik sangka serta jangan lupa bersedekah,”ujar Suhaimi.(so10)