sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jalan Sikamis Kian Menakutkan, Akses Ke Batang Asai Jadi Terhambat

foto-utama-sekamis
BERLUMPUR: Tampak salah satu jalan provinsi di daerah Sikamis, Kecamatan Cerminan Nan Gedang  penuh lumpur, sehingga sulit dilalui kendaraan. Poto:rian

SAROLANGUN-Hampir setiap tahun di musim penghujan, jalan provinsi menuju kecamatan Batang Asai tepatnya di daerah Sikamis Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG) selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara yang melintas di jalan tersebut. Setiap musim penghujan, sejumlah titik jalan di Desa Sikamis yang berbatasan dengan Kecamatan Batang Asai selalu menjadi medan lumpur yang cukup dalam. Sehingga kendaraan, baik roda dua maupun empat sering terjebak di kubangan lumpur. Bahkan tak jarang kendaraan roda empat terjebak lumpur sehingga butuh waktu berjam-jam untuk mengevakuasinya.

Pantauan harian ini yang melintas Minggu siang (27/11) di daerah Sikamis sedikitnya ada tiga titik jalan dengan medan berlumpur yang cukup dalam di daerah Sikamis. Sehingga hanya kendaraan roda empat dengan double gardan yang bisa melintas. Sedangkan untuk roda dua harus bersusah payah turun naik dari motor untuk bisa melintas.

Kondisi jalan akan semakin parah, disebabkan intensitas hujan yang semaakin tinggi, belum lagi lalu lalang kendaraan yang makin memperparah kondisi jalan tersebut. Tentu saja dengan kondisi tersebut menghambat transportasi menuju Batang Asai, bahkan jarak tempuh akan semakin lama.

Ahmad Yani, tokoh masyarakat Cermin Nan Gedang kepada Koran ini berharap kepada pemerintah provinsi agar segera memperbaiki jalan tersebut, karena sangat menyengsarakan pengguna jalan.

Namun lelaki yang juga menjabat seagai Kades Lubuk Resam ini merasa pesimis jalan tersebut segara dapat perbaikan.

‘’Kita akui zaman HBA jalan provinsi menuju Batang Asai mendapat perhatian serius dari Pemprov, tapi kalu saat ini Gubernur Jambi dijabat Zumi Zola kami pesimis jalan tersebut cepat diperbaiki,’’ kata Ahmad Yani, kepada harian ini, kemarin (28/11).

Sementara itu, sebelumnya Bupati Sarolangun Arief Munandar, kepada sejumlah wartawan mengungkapkan, bahwa dirinya sudah melaporkan kondisi jalan Provinsi menuju Batang Asai kepada Gubernu Jambi Zumi Zola.

‘’Gubernur sangat peduli dan tetap menganggarkan dana untuk jalan provinsi menuju Batang Asai,’’ ucapnya.

Bahkan menurut Bupati, sejumlah alat berat akan distandbykan di jalan menuju Batang Asai, sehingga kalau ada kerusakan atau longsor akan segera diperbaiki,’’tandasnya.(so9)