sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Jadi Tersangka, Kades Rantau  Kapas Tuo Diberhentikan

 tersangkaMUARABULIAN- Kades Rantau Kapas Tuo, Kabupaten Batanghari MH telah diberhentikan sementara dari jabatannya selaku Kades menyusuul statusnya sebagai tersangka pada kasus dugaan penyelewengan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Batanghari, Adnan mengatakan, surat pemberhentian sementara Kades ini juga sudah disampaikan kepada Camat Muara Tembesi.

“Surat pemberhentian sementara Kades Rantau Kapas Tuo, Kecamatan Muara Tembesi sudah dikeluarkan,” katanya.
Pemberhentian sementara ini resmi dikeluarkan pada 10 Oktober, dan Pelaksana Tugas (Plt) juga sudah ditunjuk oleh Bupati Batanghari.

“Plt Kades juga sudah resmi ditunjuk, yakni M Sobli yang selama ini menjabat sebagai sekretaris desa dan berstatus PNS,” ujarnya.
Sementara terkait kasus yang membelit Kades Rantau Kapas Tuo ini, Adnan menjelaskan jika pihaknya masih menunggu proses dari pihak kepolisian.

“Masih menunggu proses kepolisian, jika nanti di persidangan yang bersangkutan terbukti melakukan yang disangkakan, maka statusnya sebagai kades bisa langsung dicopot. Namun selama masih di proses, sifatnya hanya pemberhentian sementara,” bebernya.
Bupati Batanghari Syahirsah juga menyatakan hal senada. “Iya sudah diberhentikan sementara, SK pemberhentian sementara sudah saya tandatangani, dan Plt Kades juga sudah ditunjuk langsung,” katanya.
Camat Muara Tembesi, Asri Yolansyah juga mengatakan hal senada.

“Iya, SK pemberhentian sementara Kades Rantau Kapas Tuo sudah dikeluarkan,” katanya sambil menunjukkan amplop coklat yang berisi surat pemberhentian sementara itu.
Untuk diketahui, Kepala Desa Rantau Kapas Tuo, Kecamatan Muara Tembesi, MH secara resmi telah menyandang status tersangka. Dia ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Batanghari atas kasus dugaan penyelewengan fee desa yang bersumber dari pihak ketiga yang angkanya mencapai angka Rp. 280.371.000.(hur)