sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Izin Geologi Pabrik Semen Baturaja, CE: Kata Pak Menteri Biar Saya Urus

Bupati Cek endra Saat menemui mentri ESDM

SAROLANGUN –  Usai menemui Menteri ESDM Ignasius Jonan, Bupati Sarolangun Cek Endra tentunya akan sedikit lega, terkait soal izin geologi Bandung,  yang saat ini masih nyangkut dalam perolehan izin lokasi pembangunan Pabrik Semen Sarolangun Satu.

Pasalnya, kata CE, izin Geologi itu akan diurus langsung oleh Pak Menteri ESDM,  guna mempercepat perolehan izin pembangunan pabrik semen itu,  yang diyakini akan menjadi industri semen yang berpotensi sangat besar.

Baca Juga: Bupati Cek Endra Temui Menteri ESDM

“Sesuai janji saya kemarin saat ke Bukit Bulan, kita akan ngadap pak Menteri ESDM,  guna percepatan izin. Maka kita mengambil inisiatif menghadap pak menteri,” katanya, saat diwawancarai Rabu, (04/04) kemarin. .

“Untuk percepatan perizinan yang sekarang masih nyangkut di badan Geologi Bandung, pak Menteri sendiri mentake over sendiri izin itu, dia bilang biar saya yang ngurus katanya, agar lebih cepat,” kata CE menirukan komitmen Menteri ESDM, Ignasius Jonan yang ditemui beberapa hari yang lalu.

Selain itu,  Kata CE, dalam pertemuan itu, dirinya juga mengusulkan ke Kementrian ESDM, agar dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), 2 X 30 Megawatt. Agar, pembangunan pabrik tersebut sejalan dengan adanya pasokan listrik yang cukup.

“Dilain pihak kemarin diusulkan oleh kementerian juga di lokasi semen baturaja itu nanti beliau akan setuju dibangun PLTG Khusus dengan tenaga gas kita 2 x 30 Megawatt kita,  insya allah akan dibangun disana. Ya, disatu jalur itu, PLTG untuk mengoperasikan pabrik kedua pabriknya sendiri, “jelasnya.

Bupati juga menegaskan dalam proses pembangunan pabrik semen ini, jika proses izin selesai,  pembebasan jalan, persiapan grandbracking, dan juga akses jalan menuju Bukit Bulan,  selesai serta tersedianya listrik, ia optimis pabrik itu akan bisa beroperasi dengan cepat.

“Izin selesai, pembebasan jalan,  persiapan grandbracking, dan juga jalan menuju kesana mulai dibangun,  jadi harus serentak. dan listrikpun tersedia,  kalau salah satu tidak ada maka pabrik itu juga tidak akan jalan, “sebutnya.

Maka dari itu,  ia berharap sangat besar dukungan seluruh elemen masyarakat sarolangun, atas rencana pembangunan pabrik semen ini. Ia menyebutkan jika rencana ini jalan,  maka pabrik semen sarolangun sagu menjadi satu-satunya industri semen di provinsi Jambi, dan Kedua di Sumatera, setelah Pabrik Semen Indarung, Padang, Sumatera Barat.

Bahkan tak hanya itu, dari keterangan pihak PT Semen Baturaja,  yang ia dapatkan, Defosit Pabrik Semen di Sarolangun ternyata melebihi defosit pabrik semen Indarung tersebut.

” Karena ini kerja berat dan kerja besar,  maka saya mohon dukungan semua masyarakat, agar rencana ini jalan karena ini satu satunya industri semen dijambi,  dan disumatera kedua setelah indarung.  menurut keterangan pt semen baturaja, ternyata defosit sarolangun melebihi defosit indarung,  jauh lebih besar. mereka optimis,  sarolangun itu nanti sebagai salah satu pusat industri semen di sumatera,  saya berharap ini didukung,”tukasnya.(so31)