sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Inspektorat Periksa Kas OPD

Emalia Sari

SAROLANGUN-Tahun anggaran 2017 APBD Kabupaten Sarolangun baru saja berakhir. Dengan demikian para pimpinan OPD dan bendaharawan diharapkan segera menyiapkan bukti SPJ seluruh kegiatan di tahun 2017, baik APBD maupun APBD Perubahan.

Kepala Inspektorat Sarolangun Emalia Sari SE saat dikonfirmasi melalui Ponselnya kemarin (3/1/2018) menyebutkan, secara aturan kepala OPD dan bendaharawan OPD harus menyelesaikan pertanggungjawaban terhadap realisasi anggaran. Penyelesaian pertanggungjawaban tersebut harus disertai dengan bukti yang sah.

“Sejak tanggal 2 Januari 2017 hingga tanggal 10 Januari 2017, Inspektorat melakukan pengecakan kas OPD,”jelasnya.

Emalia Sari menilai, penyelesaian bukti SPJ APBD dan APBDP 2017 dinilai rentan, sebab hal ini berkaitan dengan belanja di OPD. Apalagi, masa pencairan APBD-P mepet dengan akhir tahun.

“Yang agak rentan dalam penyelesaian SPJ, yakni APBD-P, karena masa pencairannya terbilang singkat,”jelas Emalia Sari lagi.

Selain melakukan pengecakan kas OPD, kata Emalia Sari, pihaknya juga memeriksa setoran pajak, serta melihat secara langsung terhadap stock barang di OPD, artinya apakah stock barang lama, seperti ATK masih ada atau tidak.

“Kalau berkaitan dengan persoalan pajak yang belum disetor, kami minta untuk segera selesaikan, termasuk sisa anggaran harus dikembalikan pada kas daerah”sebutnya.

Sementara itu, jika ada pajak tidak dilakukan penyetoran oleh OPD, maka akan terancam dengan sanksi.

“Adapun sanksi awal yang bakal diterapkan, yakni berupa  teguran administrasi karena keterlambatan,”tandasnya.(so10)