sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Ini Alasan Cek Endra Jatuh Cinta pada Busur dan Anak Panah

SAROLANGUN-Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra mengaku baru kenal dengan olahraga Panahan. Hal tersebut disampaikannya saat membuka Kerjurda Panahan ke 3 dan Kejuaraan Panahan antar club se Provinsi Jambi, di Gelora Sarolangun Emas, Jum’at pagi (25/8).

Meski baru kenal, namun saat pertama kali mencoba olahraga tersebut Cek Endra langsung jatuh cinta (suka, red).

“Saya juga baru kenal olahraga ini, setelah saya coba ternyata sangat saya sukai,” katanya.

Menurut Pria yang pernah menimba ilmu di Harvard University USA ini, selain untuk kesehatan dan kebugaran, banyak filosofi yang terkandung dalam olahraga Panahan.

Memanah memerlukan fisik yang kuat dan penuh konsentrasi, sehingga bagus untuk kebugaran. Selain itu, memanah melatih emosi untuk menempatkan target pada satu sasaran. Jika emosi kita terganggu, sudah pasti target akan mudah melenceng.

Secara tidak langsung olahraga ini melatih kita untuk belajar tenang dan mengendalikan emosi. Seseorang yang tidak tenang, gugup, pemarah, kurang sabar bukanlah seorang pemanah yang baik.

Bukan hanya itu, memanah merupakan salah satu olahraga yang disunnahkan Rasulullah SAW. Masing-masing berenang, berkuda dan memanah.

“Ini (panahan, red) salah satu olahraga yang disunnahkan Rosul. Bahkan sejak berkawan akrab dengan Ustad Arifin Ilham, beliau selalu menganjurkan saya untuk olahraga memanah,” sebut Bupati Sarolangun dua periode ini.

Meski baru kenal dengan olahraga Panahan, namun Cek Endra sudah sangat piawai menarik tali busur dan melesatkan anak panah tepat pada sasaran.

“Saya cepat bisa karena memanah ini mirip dengan olahrahraga berburu (menembak, red) yang duluan saya geluti, ke duanya memerlukan konsentrasi dan kesabaran,” kata Cek Endra.

Menariknya, Bupati Sarolangun H Cek Endra adalah Bupati pertama di Provinsi Jambi yang mengikuti pertandingan eksebisi dalam Kejurda Panahan.

“Bapak Cek Endra bupati pertama yang sangat peduli dengan Panahan. Ini merupakan satu titik awal Sarolangun akan banyak melahirkan atlet-atlet panah berbakat,” kata Ketua Perpani Provinsi Jambi Ibnu Ziady. (so9)