sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Ijazah Paslon Diverifikasi KPU

img_20160915_104403
Sejumlah Warga yang mendatangi kantor KPUD sarolangun meminta KPU netral. Photo : dok/so

SAROLANGUN-Sebelum penetapan bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra-H Hilallatil Badri (CE-Hilal) dan Drs H Muhammad Madel-H Musharsyah SE (Madel-Har) menjadi Calon bupati dan Wakil Bupati Sarolangun, KPUD harus melakukan verifikasi ijazah terhadap kedua bakal Paslon.

Hal ini dikatakan komisoner KPUD Sarolangun Devisi Hukum, Asriadi saat dikonfirmasi via ponsel kepada Koran ini kemarin. Menurutnya, kegiatan proses verifikasi ijazah bakal Paslon yang dilakukan, dengan cara melakukan cross check langsung ke lembaga pendidikan Paslon bersangkutan, atau ke lokasi sekolah yang mengeluarkan ijazah Paslon.

“Untuk batas verifikasi ijazah bakal Paslon pada tanggal 29 September 2016. Pada tanggal 24 Oktober 2016, KPU akan menetapkan Bakal Paslon menjadi calon Bupati dan wakil bupati, ”ujarnya.

Selain itu, dipaparkan Asriadi, terkait soal keabsahan atau ketidakabsahan  ijazah bakal Paslon, hal tersebut  bukanlah kewenangan KPU, tapi merupakan kewenangan dari lembaga pendidikan yang mengeluarkan ijazah. Sebab, KPU hanya sebatas melakukan verifikasi, atau menyesuaikan ijazah bakal Paslon dengan lembaga pendidikan yang mengeluarkan ijazah. Misalkan, ada Paslon A yang tamat di SD B, maka KPU melakukan verifikasi ijazah paslon A di SD B.

“Tupoksi KPU melakukan verifikasi ijazah bakal Paslon, tapi mengenai keabsahan kembali pada lembaga pendidikan bersangkutan yang mengeluarkan ijazah,”sebutnya.(so10)