sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

HEBOH..Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Tanjung Rambai

BUNGA BANGKAI: Bunga Bangkai yang tumbuh di Tanjung Rambai jadi tontonan warga. Poto: adi

SAROLANGUN-Bunga bangkai atau dalam bahasa biologinya amorphophallus ditemukan tumbuh di pekarangan rumah warga di Lingkungan Tanjung Rambai Kelurahan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun.

Informasi yang dirangkum di lokasi mengatakan, bunga tersebut ditemukan oleh warga setempat sekira sepekan yang lalu.

“Sudah seminggu yang lalu tumbuh, sekarang sudah mekar,’’ ungkap Basuki Senin (12/12) pagi.

Dituturkan Basuki, bunga tersebut tumbuh di belakang rumah warga di dalam kebun antara pohon pisang.

“Pada jam tertentu seperti sore hari mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sekitar jam 15.00 WIB sampai malam hari bunga mengeluarkan bau busuk, dari situ lah ketahuan bahwa ada bunga ini,” tuturnya.

Sejak diketahui oleh masyarakat banyak bunga tersebut mulai menjadi tontonan warga yang penasaran.

“Belum banyak masyarakat yang tahu, bunga langka itu sekarang jadi tontonan warga sekitar yang penasaran,’’ ujarnya.

Saat sekarang kondisi keliling bunga bangkai tersebut sudah dibersihkan oleh warga, yang sebelumnya banyak rumput panjang tumbuh di seputaran bunga bangkai tersebut.

Berdasarkan penelusuran di laman wikipedia.org, bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif), Amorphophallus titanum Becc merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5 meter. Namanya berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

Bunga bangkai raksasa sering dipertukarkan dengan patma raksasa Rafflesia arnoldii. Mungkin karena kedua jenis tumbuhan ini sama-sama memiliki bunga yang berukuran raksasa, dan keduanya sama-sama mengeluarkan bau yang tak enak. Jenis-jenis Amorphophallus juga dapat dijumpai pada hutan tropis.(so9)