sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Hasil Investigasi, Di Sarolangun Tidak Ditemukan Vaksin Palsu

vaksin palsu
VAKSIN : Kadis Kesehatan Sarolangun saat memberikan vaksin polio. Photo : ahmadnuriadi

SAROLANGUN-Kabar gembira bagi warga Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko, berdasarkan investigasi yang dilakukan petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sarolangun menyatakan Kabupaten Sarolangun bebas dari peredaran dan pemakaian vaksin palsu.

‘’Berdasarkan investigasi yang kita lakukan ke seluruh Puskesmas, kita cek label vaksin yang ada, kita pastikan Sarolangun bebas dari keberadaan vaksin palsu, termasuk RSUD Sarolangun tidak ditemukan vaksin palsu,’’ kata Kadis Kesehatan Kabupaten Sarolangun H Adnan, MKes, kepada harian ini, kemarin.

Dijelaskan H Adnan, Dinkes Sarolangun, maupun RSUD Sarolangun tidak pernah melakukan pengadaan vaksin. Selama ini vaksin didrop dari pusat melalui Dinkes Provinsi Jambi. Artinya vaksin yang ada beredar di Kabupaten Sarolangun didistribusikan oleh distributor resmi yang diakui Kementerian Kesehatan.

Selain itu, pihak Dinkes juga kata Adnan, sudah melakukan survey ke seluruh apotek yang ada di Kabupaten Sarolangun, mempertanyakan apakah pernah melakukan pengadaan vaksin dan hasilnya seluruh apotek tidak pernah melakukan pembelian vaksin secara sendiri-sendiri.

‘’Pengadaan vaksin hanya boleh dilakukan instansi pemerintah, makanya rata-rata korban vaksin palsu merupakan rumah sakit swasta,’’ ucapnya.(so9)