sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Guru dan Pegawai TU Protes Kebijakan Kepsek MTsN Ladang Panjang

guru mogokSAROLANGUN-Puluhan guru dan pegawai Tata Usaha (TU) di madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) tidak puas dengan kebijakan dan kinerja Kepala MTsN Ladang Panjang Drs Jaafar Efendi. Sebagai bentuk protes puluhan guru sempat melakukan mogok mengajar Jum’at lalu (02/9).

Bahkan sudah ada surat pernyataan ketidakpuasan terhadap kepemimpinan Kepala Madrasah yang ditandatangani tiga puluhan guru dan pegawai TU.

Dra Hj Desniati, salah seorang guru di MTsN Ladang Panjang, ketika mendatangi kantor harian pagi Sarolangun Ekspres, bersama sejumlah guru yang lain mengatakan, protes dilakukan para guru dan pegawai Tata Usaha karena Kepala Madrasah tidak menegakkan disiplin di sekolah secara baik, seperti sering datang terlambat dan meninggalkan madrasah pada saat jam kerja. ‘’Terkesan pimpinan tak betah di madrasah,’’ katanya.

Guru-guru juga menyebutkan, kalau kepala madrasah jarang sekali melakukan rapat koordinasi dan evaluasi secara komperehensif dengan majelis guru dan tidak memfungsikan wakil kepala madrasah yang sudah ditunjuk. Pembagian tugas mengajar juga hanya dilakukan sepihak oleh Kepsek dan Waka kurikulum saja tanpa melibatkan waka dan guru yang lain. Sehingga dalam pembagian tugas hanya melibatkan satu orang guru yang masih ada hubungan keluarga dengan kepala madrasah.

Untuk pelajaran Bahasa Arab menurut para guru, pimpinan menunjuk guru yang dipilihnya namun yang bersangkutan tidak bertugas (mengajar, red) sehingga siswa tidak belajar. Sementara ada guru Bahasa Arab aktif bahkan sudah sertifikasi namun tidak diberi kesempatan mengajar.

Bahkan Kepsek juga melakukan pungli, seperti meminta uang kepada guru non PNS yang mendapat tunjangan sertifikasi ketika dana cair. Dan apabila tidak dipenuhi maka guru non PNS tersebut ditakut-takuti tidak diberi jam mengajar sehingga sertifikasianya tak dapat dicairkan.

‘’Banyak lagi kesalahan-kesalahan yang dilakukan kepala madrasah,’’ sebut para guru saat datang ke kantor harian pagi Sarolangun Ekspres.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Sarolangun H Hafis, ketika dihubungi harian ini mengatakan, permasalahan di MTsN Ladang Panjang sudah diselesaikan. Dan kepala madrasah berjanji akan menegakkan disiplin dan melaksanakan tugasnya dengan baik.(so10/so9)