sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Dua Rumah Warga Sungai Abu Ludes

KEBAKARAN : Peristiwa kebakaran di desa Sungai Abu, Minggu dini hari . Photo : ardi

KERINCI – Api melahap beberapa rumah milik warga di Desa Air Panas Sungai Abu Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci, Minggu (21/01) pukul 02.00 wib dini hari.

Kebakaran tersebut menghabiskan 2 rumah rusak Berat milik Yunus (76) dan Bustami (40) serta 3 rumah lainnya rusak ringan milik Kamariah (70), Parian (41) dan Jupri (64).

Abdurrahman, selaku keluarga korban menyampaikan bahwa dalam kejadian yang berlangsung sekejap mata  itu menghabiskan 2 rumah milik Orang tua dan adiknya, selain itu juga beberapa barang berharga yang ada di dalam rumah.

“Iya rumah orang tua dan adik saya habis total karena kebakaran malam tadi,”ungkapnya.

Dalam hitungan menit api sudah membesar, dirinya dan warga hanya bisa menyelamatkan beberapa barang berharga di antaranya 1 sepeda motor smash dan beberapa karung padi yang baru di panen milik adik kandungnya. “kita hanya bisa selamatkan 1 unit motor, beberapa karung padi yang ada dirumah adik saya ,” ungkapnya.

Naasnya lagi, di rumah orang tuanya terdapat uang tunai senilai  Rp. 60 juta, yang juga ikut terbakar dalam kejdian tersebut. Uang tersebut rencananya  akan di gunakan sebagai biaya keberangkatan menunaikan ibadah haji yang akan di lakukan pada tahun ini.

“Di rumah orang tua saya ada 60 juta, dana itu untuk keberangkatan haji, baru di ambil dari bank, rencana mau beli perlengkapan untuk keberangkatan haji, karena takut bolak balik ke bank jadi kami ambil,” jelasnya.

Selain itu, beberapa berkas surat- surat penting milik orang tuanya juga hangus terbakar,”Sertifikat, dan ijazah anak adik saya juga ludes,”ucapnya.

Kades Air Panas Sungai Abu, Yadri membenarkan hal tersebut, dirinya menyampaikan kejadian yang kurang lebih 1 jam itu menghabiskan 2 rumah dan 3 lain nya rusak ringan milik warga nya, yang saat ini telah di pasang garis polisi.” Iya kejadian dini hari tadi, 2 rumah rusak total 3 lainnya rusak ringan.” Ungkapnya.

Kedepan dirinya akan melaporkan ke dinas terkait masalah kebakaran yang terjadi di desa nya, sehingga ada bantuan dari Dinas Terkait. “Iya nanti kita akan buat laporan ke pemkab, atas kejadian dini hari tadi, sehingga ada bantuan bisa segera di kucurkan” jelasnya.

Kabid Damkar Arnizal membenarkan hal tersebut, dirinya telah di hubungi anggota nya di Lapangan bahwa ada kebakaran, dan dirinya langsung menuju lokasi kejadian. “Kita turun kan 4 unit Armada, ke lokasi pada kejadian malam tadi, dan alhmdulillah dalam waktu 30 menit api dapat di padam kan,” ungkapnya.

Dirinya melanjutkan, untuk sementara kejadian yang terjadi pada malam tersebut di duga akibat arus pendek listrik, ” dari keterangn sementara ada korsleting listrik.” Lamjutnya

Tambahnya, Untung dalam kejadian tersebut, tidak tedapat korban jiwa, “dari data lapangan tidak ada korban jiwa,” pungkasnya. (so15)