sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Dua Miliar Tiap Kecamatan Untuk Pembangunan Masjid Raya

MEGAH: Mesjid Raya Baiturrahman, pasar Singkut yang dibangun oleh Pemkab Sarolangun. Poto:wahid

SAROLANGUN – Pemerintah Daerah Sarolangun memprogramkan membangun satu masjid raya di setiap kecamatan. Untuk itu pemerintah Sarolangun perlu menganggarkan Rp 18 miliar hingga Rp 20 miliar untuk pembangunan masjid di sepuluh kecamatan di Kabupaten Sarolangun.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan tahun ini ada tiga masjid yang sedang dibangun dengan dana bantuan Pemerintah Daerah, yakni satu masjid di Kecamatan Pelawan, satu masjid di Cermin Nan Gedang dan masjid Baiturrohman di Kecamatan Singkut, yang baru saja diresmikan oleh Bupati Cek Endra, pada Kamis (05/04) kemarin.

“Insya Allah nanti tahun-tahun berikutnya, setiap kecamatan akan kita bangun satu unit masjid yang akan dibangun Pemda, yaitu masjid kecamatan,” katanya.

Bupati menargetkan pembangunan masjid di sepuluh Kecamatan akan rampung pada dua tahun mendatang, atau paling tidak hingga 2021.

“Kita tinggal tujuh masjid lagi, kalau tahun depan dapat tiga, berikutnya empat sudah selesai,” jelasnya.

Pemda Sarolangun menganggarkan setiap masjid kecamatan mendapat jatah Rp 1,8 sampai Rp 2 miliar.

“Kemarin kita anggarankan Rp 1,8, tapi saya pikir Rp 2 miliar itu sudah pas. Tahun ini kita bangun tiga, masjid Cermin Nan Gedang, Pauh, dan masjid kantor bupati, tiga itu rata-rata Rp 2 miliar per masjid,” terang Cek Endra.

Ia juga mengatakan, pada akhir masa periode kepemimpinan sebagai Bupati Sarolangun pada 2022, pembangunan sepuluh masjid di Sarolangun telah rampung dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk sholat berjamaah lima waktu.(so31)