sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

DTPH Tanjabbar Lakukan Perluasan Areal Cetak Sawah Baru

KUALATUNGKAL– Demi mewujudkan target swasembada beras program Upsus Pajale, Dinas Tanaman Pangan dan Hultikultura Kabupaten Tanjabbar kerjasama dengan TNI Kodim 0419/Tanjab melakukan upaya Perluasan Areal Sawah/Cetak Sawah Baru.

Rencana perlasan di akhir 2017 ini seluas 110 hektar di Desa Rawa Medang dan Desa Sri Agung, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjabbar.

Kepala Dinas TPH Tanjabbar Ir. H. Zanuddin, mrnyebutkan rencana tersebut telah dirapatkan bersama dihadiri pihak Kodim 0419/Tanjab Camat Batang Asam Dian Paripurna, S.Sos serta kades dan poktak Sri Agung dan Rawa Medang.

Dia menambahkan pemilihan Sri Agung dan Rawa Medang sebagai lokasi lahan baru ini, bukan tanpa alasan. Selain melihat hasil panenen sebelumnya serta dukungan masyarakat petani.”Masyarakat dua desa Rawa Medang dan Sri Agung tersebu melalui masing-masing perwakilannya menyambut dan sangat mendukung kegiatan ini. Dukungan juga datang dari Kepala Desa percetakan sawah di 2 kampung tersebut,” paparnya.

Selain karena para petani sudah bersedia, lokasi di dua desa tersebut sangat cocok untuk dijadikan lahan sawah baru. Zainuddin menjelaskan, selain dekat dengan sumber air, tanah di sana juga cocok untuk ditanami padi dengan capaian dua kali panen setahun. (So29)