sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

DPRD Gelar Rapat Paripurna Tingkat I 

Penyampaian 5 Ranperda dalam Propemperda Kabupaten Sarolangun Tahun 2020

 

Tontawi Jauhari, Sahrial Gunawan dan Hilallatil Badri

DPRD Kabupaten Sarolangun kemarin menggelar rapat paripurna tingkat I dengan agenda penyampaian 5 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Sarolangun Tahun 2020, Selasa (17/03) yang berlangsung di Gedung DPRD Sarolangun.

Kelima ranperda tersebut yakni dua ranperda diajukan oleh pemerintah Kabupaten Sarolangun selaku pihak eksekutif, dan tiga Ranperda yang merupakan inisiatif dari DPRD Sarolangun yang disampaikan ke pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, didampingi Wakil Ketua II DPRD Syahrial Gunawan, yang dimulai pada sekitar pukul 14. 30 Wib.

Turut Hadiri Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser, Para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun beserta jajarannya, serta para anggota DPRD Sarolangun yang hadir.

Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri dalam sambutannya, mengatakan bahwa dua ranperda yang diajukan ke DPRD Sarolangun tersebut sesuai dengan nomor 188.342./0228/HK/HAM/2020 tanggal 09 Maret 2020. Kedua ranperda itu, pertama Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan dan kedua Ranperda tentang ketertiban umum.

“Dasar pengajuannya sesuai dengan pasal 18 UUD 1945, dan tentang undang-undang  pembentukan Kabupaten Sarolangun, dan undang-undang tentang kearsipan dan perda nomor 04 tahun 2015 tentang ketertiban umum,” katanya.

Wabup juga mengatakan, pengajuan kedua ranperda tersebut juga dalam rangka memberikan dasar hukum terhadap kearsipan sebagai simpul pemersatu dan identitas bangsa yang perlu diselamatkan sebagai bukti penyelenggaraan pemerintahan daerah, kedua dalam rangka memenuhi kebutuhan pengelolaan kearsipan yang tersistematis.

Anggota DPRD Sarolangun yang menghadiri sidang

Kemudian memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan sehingga diperlukan pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah serta partisipasi masyarakat dalam melaksanakan ketertiban umum.

“Perda ketertiban umum ini perlu ditambah sanksi administratif dan Sanksi pidana, kami harap kedua ranperda ini dapat dibahas bersama-sama dengan pihak eksekutif dan dapat dijadikan peraturan daerah yang dapat diberlakukan ditengah masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Sarolangun, “katanya.

Sementara itu, Juru bicara penyampaian ranperda inisiatif DPRD yang disampaikan oleh Fadlan Kholik, mengatakan bahwa pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun telah melakukan pembentukan propemperda dengan nomor 33 tahun 2019 tentang pembentukan propemperda, dan pimpinan DPRD telah menyampaikan ranperda inisiatif DPRD Kabupaten Sarolangun kepada Bupati Sarolangun.

Kemudian sesuai dengan pengajuan ranperda ke pihak eksekutif dalam hal ini pemerintah daerah kabupaten sarolangun sesuai dengan nomor 005/79.A/DPRD/2020 tanggal 18 februari 2020 perihal penyampaian ranperda inisiatif dprd Sarolangun tahun 2020 telah disampaikan ke Bupati Sarolangun melalui Bagian hukum Setda Sarolangun.

“Adapun ketiga ranperda tersebut, pertama ranperda tentang tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR, kedua ranperda tentang wajib baca tulis alquran bagi murid beragama islam, ketiga Ranperda tentang wajib belajar bagi murid madrasah,” katanya.

Dengan pengajuan ranperda inisiatif dewan ini, Fadlan Kholik berharap agar usulan tersebut dapat dilakukan pembahasan dengan OPD terkait yang membidangi ketiga ranperda tersebut hingga 31 Maret 2029 mendatang.

“Maka kami harapkan opd terkait untuk meluangkan waktu membahas bersama mengenai ranperda tersebut. Semoga dengan apa yang kita bahas bersama ini dapat menjadi amal ibadah dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sarolangun,” katanya.

Dengan penyampaian kelima ranperda yang disampaikan oleh pemerintah Kabupaten Sarolangun dan juru bicara dprd Sarolangun, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari selaku pimpinan sidang menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran dan penyampaian ranperda tahun 2020 di dalam rapat paripurna ini.

“Kami mengundang kembali pada rapat paripurna selanjutnya dan alhamdulillah rapat paripurna hari ini kami skor,” katanya. (so31/Adv)