sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

DPRD Akan Hearing Dengan KPUD Sarolangun, Bahas Kelogisan Anggaran

dprd-muslim
Muslim, wakil ketua Komisi I DPRD Sarolangun saat berdialog dengan sejumlah wartawan. Photo: aji

SAROLANGUN-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sarolangun melalui komisi I dalam minggu ini akan mengajak hearing KPUD sarolangun terkait persiapan Pilkada serta kelogisan penggunaan anggaran APBD yang di hibahkan ke KPUD, yang jumlahnya cukup fantastik mencapai  Rp 17 Milyar.

Salah satu agenda yang menarik dalam hearing tersebut adalah mengevaluasi terhadap kelogisan penggunaan anggaran KPUD, mulai adari biaya perekrutan PPS, PPK, biaya sosialisai termasuk biaya Publikasi di media Cetak, Elektronik maupun di Media Online ( syber-red).

“kami dari komisi Satu, selaku mitra kerja KPUD dalam minggu ini akan mengajak hearing KPUD dan Banwaslu untuk membicarakan  persiapan Pilkada, termasuk membahas episiensi anggaran Pilkada yang sudah di hibahkan ke KPUD Sarolangun” terang Muslim, Wakil ketua komisi I DPRD Sarolangun. Selasa (11/10)

Saat ditanya nominal anggaran publikasi KPUD yang di peruntukkan untuk media masa, muslim kurang ingat jumlah nominalnya, namun Muslim memastikan anggaran tersebut ada.

“yang jelas ada anggaran untuk publikasi, karena KPUD wajib mengumumkan hasil-hasil perekrutan PPK, PPS maupun  pengumuman lainnya, termasuk mesosialisasikan Pilkada di media Masa, baik melaui koran, Televisi maupun online” ujarnya.

“Karena kita punya wewenang dalam hal pengawasan anggaran, kita juga akan mempertanyakan kelogisan anggaran, contohnya seperti saat KPUD melakukan kegiatan penerimaan calon, berapa biaya yang di anggarkan KPU, Logis gak dengan besaran  biaya yang anggarkan” Ujar Muslim.

Sekedar di ketaui, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama KPUD Sarolangun, pada Selasa  17 Mei 2016 yang lalu ,sudah  menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) senilai Rp 17 miliar untuk biaya pelaksanaan Pilkada di kabupaten sarolangun.

Anggaran tersebutut berkurang 3 Milyar dari jumlah anggaran yang usulkan KPUD sebesar 20 Milyar, setelah melalui proses panjang, akirnya anggaran APBD yang di hibahkan untu KPUD sebesar 17 Milyar, Rp 16 Milyar di APBD dan Rp 1 Milyar Di APBDP tahun 2016.(aji)