sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Dongkrak Minat Baca Masyarakat Sarolangun

Kabid P2LPBP Baihaki, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sarolangun

SAROLANGUN,- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) hingga saat ini telah meluncurkan berbagai program dalam meningkatkan minat baca dari berbagai kalangan masyarkat Sarolangun. Mulai dari penyedian fasilitas di perupustakaan daerah, kerjasama dengan berbagai pihak, perpustakaan keliling, hingga penyediaan pojok baca di oganisasi mahasiswa hingga Desa terus dilakukan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), melalui Kabid Pengadaaan, Pengelolaan Layanan Kelestarian Bahan Perpustakaan (P2LPBP) Baihaki mengatakan berbagai upaya yang dilakukan itu bertujuan agar kegiatan membaca buku, baik dari kalangan anak-anak, Pelajar, Mahasiswa, dan juga masyarakat umum tetap menjadi budaya ditengah kemajuan teknologi seperti saat sekarang ini.

“Kami terus berbenah untuk meningkatkan minat baca masyarakat, karna kita khawatir dengan perkembangan teknologi minat baca masyarakat itu menurun. Karna untuk menjadi bangsa yang besar dan negara yang maju salah satu kuncinya adalah membaca. Buku jendela dunia dan membaca adalah kuncinya,” katanya Senin, (29/03).

Tak hanya itu, fasilitas yang disediakan di perpustakaan daerah sarolangun juga tak kalah bagusnya, selain tempatnya yang aman dan nyaman pihaknya juga memiliki 8 tibu lebih referensi buku yang terdiri dari berbagai klasifikasi buku, baik itu karya umum, ilmu sosial, politik dan ilmu agama.

” Koleksi buku kita sendiri, hingga saat ini itu ada sekitar 8.111 referensi, dan kedepan kita tetap berupaya agar ketersedian koleksi buku di perustakaan ini yang terbaru,” katanya lagi.

Dirinya juga berharap, generasi muda Sarolangun dapat menjadi pelopor dalam meningkatkan minat dan daya baca masyarakat Kabupaten Sarolangun.

“Kepada generasi muda khususnya, marilah kita datang keperpustakaan untuk membaca, karana membaca akan mampu meningkatkan kemampuan kita. Karna syarat menjadi orang cerdas itu salah satunya dengan membaca,” tandasnya.(so32)