sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Disnakkan Sarolangun Belum Temukan Hewan Kurban Sakit

LABEL: Petugas memasang label  hewan yang dinyatakan sehat. Foto hamzah

Asnawi: Tim Dokter Bekerja Sampai Hari H

SAROLANGUN-Sejak satu minggu terakhir tim dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Sarolangun mendatangi sentral perdagangan stok hewan kurban, guna mengecek kesehatan hewan kurban.

Berdasarkan pengecekan langsung kepagangan tersebut, tim dokter hewan belum menemukan adanya hewan kurban yang sakit. Hal ini diungkapkan Asnawi SP MH Pelaksana Tugas Kepala Disnakkan Sarolangun kemarin (20/8).

“Sampai saat ini belum ada yang terindikasi sakit,”ujar Asnawi.

Namun secara kasat mata Asnawi memaparkan ada beberapa cirri-ciri hewan yang lagi sakit, seperti penampilan yang lesu, bulu banyak yang tegak, termasuk pasca penyembelihan kondisi daging yang ada bintik-bintik.

“Setelah dilakukan pengecekan hewan yang sehat kami kasih label sehat,”ujarnya.

Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan ada hewan kurban yang belum mendapat pengecekan dari tim dokter, sehingga masyarakat juga harus aktif melaporkan pada Disnakkansarolangun untuk dilakukan pengecekan.

“Kami sudah bentuk tim sebanyak tiga puluh orang, yang siap kerja mengecek kesehatan hewan kurban sampai dengan hari H,”jelasnya lagi.

Oleh karena itu, Asnawi berharap pada masyarakat jika menemukan indikasi hewan kurban yang sakit segera menguhubungi pihak Disnakkan.

”Termasuk setelah di sembelih kalau ada bintik-bintik layak dicurigai hewannya sakit, dan tidak layak konsumsi,”tandasnya.(so10)