sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Diskanak Optimis, Stok Daging Aman

SAROLANGUN–Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) Kabupaten Sarolangun, optimis akan ketersediaan daging cukup dan aman, baik saat puasa maupun menjelang lebaran nanti. Hal tersebut disampaikan Peltu Kadiskanak, Asnawi, SP, MH, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat yang lalu (26/05).

Ia mengatakan, pihaknya memprediksi, selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, di Sarolangun akan dibutuhkan sedikitnya 179 Ekor kerbau untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat.

“Pantauan kita stock daging cukup, kami prediksikan puasa dan lebaran sekitar 179 ekor kerbau, ditambah lagi cadangan di petani,” katanya.

Begitu juga dengan ketersedian daging di sejumlah pasar dalam Sarolangun, saat ini juga termasuk aman dan terkendali, hanya saja menjelang puasa kemarin, mengalami kenaikan harga, dari Rp 120 ribu perkilo menjadi Rp 130-Rp 140 ribu perkilo. Namun, setelah masuk puasa, harga daging kembali normal, yakni Rp 120 ribu perkilo.

“Ada kenaikan harga dari 120  ribu menjadi 130 ribu bahkan ada yang 140 ribu saat tiga hari menjelang puasa. Setelah kita cek kembali, sekarang turun lagi ke 125 ribu. Dengan kenaikan harga daging ini, tentu akan berimbas dengan stock daging yang disiapkan, namun Insya Allah itu tidak masalah,” tukasnya.(so31)