sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Dinas PU Propvinsi Optimis Dua Turap di sarolangun Selesai Tepat waktu

turap-utama
TINJAU: Tampak rombongan SDA PU Provinsi meninjau pembangunan turap.poto:adi

SAROLANGUN-Pemprov Jambi melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Provinsi Jambi tengah membangun dua unit turap dengan dana yang cukup besar. Masing-masing turap Desa Pulau Buayo Kecamatan Bathin VIII dan turap Dusun Kampung Renah Bawah Desa Pasar Pelawan Kecamatan Pelawan.

Saat ini pembangunan ke dua turap tersebut tengah berjalan. Kabid SDA Dinas PU Provinsi Jambi, Ibnu Ziady, ST, kepada harian ini saat meninjau pembangunan turap mengatakan, untuk Pulau Buayo realisasi mencapai 55 persen dan turap Pasar Pelawan 45 persen.

“Akan selesai tepat waktu, sebab kontraknya hingga November, pekerjaan yang sulit adalah pondasi turap dan itu sudah selesai dan pekerjaan bagian atas tidak akan memakan waktu lama,” katanya.

Ibnu Ziady berharap, jika pembangunan turap sudah selesai ada tindaklanjut dari pemerintah Kabupaten Sarolangun dengan membangun berbagai fasilitas dan sarana pendukung di atas turap yang telah dibangun seperti halnya yang dilakukan di Tepian Cik Minah.

‘’Bangun sarana lainnya seperti taman, tempat bermain anak dan tempat santai lainnya seperti di Tepian Cik Minah Ancol Sarolangun, jadi turap tidak hanya berfungsi sebagai sarana penahan air, tapi memiliki funsgi ganda untuk tempat santai dan rekeasi, bisa untuk tempat berjualan yang secara tidak langsung menggerakkan ekonomi masyarakat,’’ungkapnya.

Tepian Cik Minah katanya, sudah menajdi percntohan bagi kabupten lainnya. Banyak kabupaten seperi Merangin maupun Bungo melihat keberhasilan pembanganan tepian Cik Minah.(so9)