sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Dikabarkan Hilang Terseret Bajir Batang Asai, Mat Kahar Ditemukan Sedang mencari Ikan

banjir-utama
Tampak Rumah warga yang tergenang banjir. Photo : dok

SAROLANGUN-Warga Desa Bukit Berantai, Kecamatan Batang Asai  bernama Mat Kahar (50) yang sebelumnya dikabarkan hilang terseret banjir Batang Asai Kamis (27/20) dini hari, telah ditemukan. Ternyata, Mat Kahar tidak hilang terseret banjir, pria ini saat banjir sedang pergi mencari ikan selama berhari-hari tidak pulang sehingga warga setempat menduga hilang terseret banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun Mulyadi, SSos, ketika dihubungi harian ini via ponsel kemarin (30/10) mengatakan, Mat Kahar tidak hiang namun pergi mencari ikan.

‘’Pria tersebut tidak pulang-pulang selama dua hari, sehingga warga menduga hilang karena banjir,’’ ucap Mulyadi.

Baca : Banjir Hantam Batang Asai, Satu Warga Hilang

Namun setelah warga setempat menysul ke tempat biasa dia mencari ikan, ternyata Mat Kahar masih sehat walafiat. ‘’Tempat mencari ikannya jauh, naik perbukitan berjalan kaki sampai 8 jam,’’ kata Mulyadi.

Kondisi banjir di Desa Bukit Berantai dan Simpang Narso, kata Mulyadi sudah surut pada hari itu juga. ‘’Kondisi masyarakat sudah normal kembali,’’ katanya.

Total rumah yang terdampak banjir di dua desa sebanyak 60 rumah, 4 rumah ambruk dan hanyut sedangkan sisanya rusak ringan dan hanya terendam banjir. Banjir juga merusak fasilitas umum, seperti 1 unit gedung PAUD dan rumah Bides rusak dan Kantor Desa Bukti Berantai juga rusak diterjang banjir, serta sawah baru tanam seluas 15 hektar ikut disapu banjir.

‘’Tidak ada korban jiwa, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,’’katanya.

Mulyadi menghimbau, warga tetap waspada terutama yang tinggal di pinggir sungai, sebab kalau intensitas hujan masih tinggi, banjir berpotensi terjadi kembali.(so9)