sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Diduga Cemari Lingkungan, Masyarakat Rengkiling Demo PT SPC

Warga saat beraksi meminta pertanggungjawaban pada pihak perusahaan. Photo: hamzah

Asmara: Jika Tidak Diindahkan Kami Akan Aksi Di Jambi dan Jakarta

SAROLANGUN-Diduga adanya pencemaran lingkungan oleh PT Seluma Prima Coal (SPC) dan PT Marlin Serantau Alam (MSA) di wilayah Desa Rengkiling dan Rengkiling Simpang Kecamatan Mandiangin, akhirnya siang tadi, Rabu(24/1) ratusan masyarakat dua desa tersebut mendatangi PT SPC, PT MSA dan PT Universal Suport (US) selaku kontraktor, yang bergerak dibidang pertambangan batu bara.

Guna meminta pertanggungjawabkan kepada tiga perusahaan tersebut, atas kerusakan lingkungan di wilayah Desa Rengkiling dan Desa Rengkiling Simpang, sebab dugaan masyarakat semenjak beroperasinya tiga perusahaan tersebut kondisi air sungai Singomai yang selama ini dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari sudah tercemar, bahkan ada ditemukannya perkebunan karet dan batang durian warga yang mati.

Baca  juga:

Asmara selaku kordinator lapangan (Korlap) yang berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Pembela Rakyat (Forpera) Kabupaten Sarolangun dalam orasinya menilai pihak perusahaan tidak pro rakyat, dan telah mengabaikan kelestarian lingkungan.

Selain menyorot masalah lingkungan, Asmara meminta pada PT SPC, PT MSA dan PT US untuk mengganti rugi lahan masyarakat yang rusak (mati) akibat dari pertambangan batu bara sebesar Rp 100 juta per hektar, menununt  pada perusahaan memenuhi kewajiban atau janjinya berupa kontribusi terhadap desa Rengkiling yang disebut dengan Corporate social responsibility (CSR).

Asmara juga menuntut perusahaan untuk menyelesaikan isi surat SKB yang disepakati sebelum perusahaan itu berdiri, membuat sumur bor sebanyak lima belas titik, MCK sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sekitar tambang, membuat BPJS gratis bagi masyarakat Rengkiling yang terkena dampak pertambangan, membuat kolam ikan untuk masyarakat akibat tercemarnya air sungai Singomai.

[junkie-button url=”http://sarolangunonline.com/?p=14226&page=2&preview=true” style=”blue” size=”small” type=”square” target=”_self”] Berita Selengkapnya>>> [/junkie-button]