sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Dewan Sorot Wacana Tes Ulang Honorer di Sarolangun

Bambang Gunawan

SAROLANGUN-Wacana tes ulang tenaga honorer di Kabupaten Sarolangun kembali mencuat, sehingga mendapat perhatian serius dari masyarakat, termasuk dari gedung dewan Sarolangun.

Bambang Gunawan, SE, Sekretaris Komisi I DPRD Sarolangun saat dibincangi harian ini di ruang kerjanya Jum’at kemarin (28/7)  mengatakan, pada prinsipnya ada sisi positif dan negatifnya jika honorer dites ulang, tinggal lagi menghitung apakah banyak mudaratnya atau baiknya.

Ditambahkan politisi PPP tersebut, yang paling dikhawatirkannya adalah jika wacana tes honorer tersebut dikait-kaitkan dengan politik, tentu menjadi masalah yang serius.

Sebab banyak hal yang harus dipertimbangkan, selain masa pengabdian yang cukup lama, para honorer sudah bayak menguras energi untuk mendapatkan SK honorer.

”Kasihan mereka (honorer,red) sudah cukup berjuang, dan banyak waktu yang dihabiskan untuk Sarolangun, namun akhirnya diberhentikan, belum lagi saat ini mencari pekerjaan cukup sulit,”ujar Bambang.

Lebih jauh Bambang memaparkan, ada baiknya Pemkab saat ini memikirkan pemerataan pegawai, baik PNS maupun honorer, sebab dibeberapa wilayah banyak juga ditemukan pegawai yang menumpuk, dan wilayah lainnya kekurangan pegawai, khususnya daerah terpencil.

Meskipun demikian, jika Pemkab memang ngotot untuk melakukan tes ulang para honorer, Bambang berharap dilakukan secara objektif dan transparan, serta menghasilkan tenaga honorer yang sesuai dengan disiplin ilmunya.

“Kalau tesnya memang betul-betul objektif dan tidak ada unsur politik, tentu bisa dimaklumi, dengan harapan bisa mendapatkan tenaga honorer yang professional. Namun wacana tes honorer ini sepertinya lebih baik untuk honorer yang baru masuk, bukan pada honorer yang sudah bekerja,”ujar tandasnya.(so10)

#honorer